Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menjalin kerja sama program pengembangan ekosistem pada bidang kriya.
 
Menurut Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Banjarmasin Dr Machli Riyadi di Banjarmasin, Senin, penjajakan kerja sama pada salah satu sektor ekonomi kreatif ini sudah serius dilakukan kedua belah pihak pemerintahan daerah.

Baca juga: Pemkab HSS dan ULM jalin kesepakatan kerja sama tunjang pembangunan daerah
 
"Hari ini pun kita laksanakan pertemuan secara virtual, memastikan untuk rencana perjanjian kerjasama pada program ini," ungkap Machli.
 
Dalam pertemuan ini, ungkap Machli, ada beberapa poin yang coba disampaikan dari rencana draf perjanjian kerja sama tersebut, di antaranya peningkatan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan Kriya.
 
Selain itu, kata dia, upaya peningkatan iklim usaha serta pelatihan, pendampingan dan pengawasan bersama bagi sektor perajin kriya di Kota Banjarmasin maupun Kabupaten Bantul.
 
Diakui Machli Riyadi, Pemkab Bantul memang menjadi tujuan yang tepat terkait kerja sama ini.

Baca juga: Banjarmasin gaet Cambridge University tingkatkan kualitas pendidikan
 
Terlebih, ujarnya, ini bersesuaian dengan visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin yang ingin mendorong industri usaha atau ekonomi kreatif di Banjarmasin.
 
"Tentu kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemkab Bantul yang menyambut baik tentang kerjasama ini," ucap Machli.
 
Machli pun berharap kerja sama yang akan terjalin nanti tidak hanya sekedar mengangkat potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada pada masing-masing pihak.
 
Namun, juga sebagai sarana bertukar pengetahuan dan kemampuan bagi sumber daya manusia (SDM).
 
"Apalagi Bantul ini kan bisa dibilang selangkah lebih maju dibanding kita (Banjarmasin) dari aspek itu tertentu. Semoga dengan adanya draf yang telah disusun, dapat menjadi kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua daerah ini," tutur Machli.

Baca juga: Wetland Box dan STIE Banjarmasin kerja sama kembangkan wirausaha di Kalsel

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023