Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan menanam ratusan pohon teduh "Sepatu Dea" untuk menghijaukan di kawasan Jalan Nan Sarunai Ruas Simpang 4 Islamic Center-Tanjung Selatan.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani memimpin penanaman pohon berbunga ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca juga: Penggemar Bonsai Tabalong tanam pohon

"Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan Adaro dan mitra kerjanya dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup di Tabalong," kata Anang di Tabalong, Senin.

Anang pun berharap kerja sama ini bisa diteruskan agar tradisi "Bumi Saraba Kawa" untuk mempertahankan sebagai pengelola lingkungan hidup terbaik pada tingkat nasional maupun Provinsi Kalsel.

Anang menyebutkan perlu dukungan perusahaan swasta untuk menjalankan program penghijauan dan upaya meningkatkan jumlah Kampung Proklim dan sekolah Adiwiyata pada 12 kecamatan.

Ratusan tanaman peneduh merupakan salah satu kontribusi PT Adaro Indonesia dan mitra kerja untuk mendukung upaya mewujudkan kawasan Jalan Nan Sarunai sebagai Tanjung Green City.

Baca juga: PT MSW tanam pohon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

CSR Project Section Head PT Adaro Indonesia Firmansyah bersama Kepala Teknik Tambang Suhermono dan jajarannya juga turut andil dalam kegiatan penanaman bersama di Jalan Nan Sarunai yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Maret 2023.

"Adaro terus berkomitmen memberikan kontribusi bagi upaya pengelolaan lingkungan hidup salah satunya bantuan tanaman peneduh untuk Jalan Nan Sarunai, ini," ungkap Firmansyah.

Di jalan sepanjang 4,2 kilometer ini, Adaro membantu 300 bibit tanaman peneduh Sepatu Dea termasuk tanaman penghijauan seperti mahoni serta buah-buahan.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas LH Kabupaten Tabalong Adi Rizani mengatakan di sepanjang Jalan Nan Sarunai juga ditanami jenis tanaman buah-buahan.

"1.400 tanaman buah-buahan jenis alpukat, lengkeng, jambu kristal, jeruk, mangga dan durian juga  ditanam di sepanjang Jalan Nan Sarunai," ucap Adi.

Untuk bibit tanaman buah-buahan juga mendapat bantuan dari UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Tabalong tanam ribuan bibit pohon dukung revolusi hijau

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023