Balai kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Kalimantan Selatan menggelar tes kebugaran jasmani bagi para atlet di Kabupaten Balangan yang dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau Disporapar Balangan.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memastikan kesehatan para atlet di Kabupaten Balangan agar selalu bugar, baik dalam berlatih maupun saat bertanding di suatu event,” kata Kepala BKOM Kalimantan Selatan Susi Hermina di Paringin, Rabu.
Sejumlah atlet di Kabupaten Balangan saat mengikuti tes kebugaran fisik yang diadakan oleh Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Kalimantan Selatan di Paringin, Rabu (7/6/2023). ANTARA/erde


Susi menuturkan sebelumnya BKOM Kalsel menargetkan hanya 50 atlet saja untuk mengikuti tes kebugaran jasmani ini, namun saat di lapangan luar biasa sekali ternyata lebih dari 50 atlet yang ikut serta dalam tes kebugaran ini.

Susi mengungkapkan untuk atlet yang mengikuti tes kebugaran fisik ini beragam, tidak dibatasi cabang olahraga apapun karena semua cabang olahraga boleh mengikutinya.

Menurut Susi tes kebugaran fisik ini sangat bermanfaat sekali bagi para atlet, karena dapat mendeteksi secara dini kemungkinan cedera pada atlet.

Kemudian lanjut Susi, nantinya untuk hasil tes juga dapat diketahui mana atlet yang tingkat kebugarannya bagus dan mana yang kurang.

Susi mengungkapkan untuk tahapan tes sendiri meliputi tes kebugaran, tes kekuatan dan daya tahan otot, tes daya tahan jantung dan paru, gula darah, tensi darah, tes kelenturan, tes kecepatan dan tes kelincahan. 

“Kami sangat berharap pemerintah daerah dan komite olahraga setempat dapat bekerja sama, yaitu dalam memperhatikan perkembangan kesehatan para atlet di antaranya dari segi makanan maupun kesehatannya,” imbuhnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023