Sebanyak enam desa di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menerima uang pembinaan karena memang lomba yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

"Ke enam desa tersebut diantaranya Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Desa Mangkalapi Kecamatan Teluk Kepayang, Desa Wonorejo Kecamatan Satui," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar di Batulicin Selasa.

Baca juga: Tanah Bumbu raih juara lomba inovasi teknologi

Sedangkan tiga desa lainnya yang menerima yakni Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir juara satu, Kelurahan Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpamg Empat juara dua dan Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Dia mengatakan, desa atau kelurahan yang menerima uang pembinaan tersebut sebelumnya telah mengikuti lomba desa yang digelar oleh dinas terkait pelayanan masyarakat tingkat desa yang dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Pemenang juara satu mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp20 juta, juara dua Rp10 juta dan juara tiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Baca juga: DPMD Tanah Bumbu evalausi pelayanan desa

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir mengutarakan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, penilaian perkembangan desa melalui perlombaan Desa dan Kelurahan.

Hal itu menitikberatkan pada penilaian bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, bidang kewilayahan desa dan kelurahan, bidang kemasyarakatan desa dan kelurahan, inovasi dan pengembangan potensi desa dan implementasi e-government dalam rangka mewujudkan pelayanan masyarakat secara prima.

"Desa dan kelurahan harus berpacu melakukan percepatan pembangunan secara berkelanjutan dengan mengedepankan kearifan lokal," kata Samsir.

Selain itu desa harus bisa meningkatkan sumber daya manusia di desa, penguatan program dan kegiatan keagamaan menuju implementasi program kepal daerah melalui program "serambi madinah".

Baca juga: Gambah Luar wakili HSS lomba PBHS tingkat Provinsi Kalsel

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023