Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyebutkan, jamaah calon haji (JCH) provinsinya yang dijadwalkan berangkat haji tahun 2023 ini dengan usia di atas 82 tahun lebih 190 orang.
 
"Kalau Lansia usia di atas 60 hingga 70 tahun lebih banyak lagi," ujarnya di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Bupati minta JCH Banjar jaga kesehatan fisik dan mental
 
Karenanya, ucap M Tambrin, pelaksanaan haji tahun 2023 ini bertema "ramah Lansia", sebab cukup banyak usia di atas 60 tahun, bahkan di atas 82 tahun lebih 190 orang.
 
"JCH tertua Kalsel tahun ini usia 99 tahun dari Kota Banjarmasin," paparnya.
 
Sedangkan usia termuda JCH Kalsel tahun ini 18 tahun dari Kota Banjarbaru.
 
Tambrin pun menyampaikan, bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini sesuai instansi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, perhatian dan pelayanan kepada para JCH Lansia harus maksimal dilakukan dari keberangkatan, di tanah suci hingga kembali ke tanah air.
 
Sebab menurut dia, cukup banyak JCH yang harus dibantu kursi roda.
 
"Pada Kloter 1 ini saja saya temui itu ada tujuh jamaah yang pakai kursi roda," ucapnya.
 
Tambrin menyatakan, bahwa keberangkatan haji Kalsel Kloter 1 Haji Kalsel dimulai pada hari ini, sekitar pukul 16.30 WITA dari Bandara Syamsuddin Noor ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi.
 
Sebagian disampaikan dia sebelumnya, untuk Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 17 Kloter pada tahun 2023 ini.
 
Karena, ucap dia, Embarkasi Banjarmasin melayani penerbangan jamaah haji dua provinsi, yakni, Kalsel dan Kalimantan Tengah.
 
Adapun jumlah jamaah calon haji dua provinsi tersebut, sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.
 
Baca juga: Dubes RI sambut jamaah calon haji Indonesia kloter pertama di Madinah
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023