PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menjalin kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) guna mendukung peningkatan kemampuan wartawan di Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui uji kompetensi wartawan (UKW).

"Kami mendukung sepenuhnya UKW Angkatan XVII dan XVIII yang dilaksanakan PWI Kalsel kali ini dengan harapan PLN bisa terus bersinergi dengan rekan jurnalis," kata Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP3B Kalimantan Sulistya Aji Wibawa di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Jualan di Marketplace PLN Mobile, UMKM Roemah Daster Kalsel laku keras

Dia berharap lebih banyak wartawan di Kalsel mengantongi sertifikat kompetensi agar kualitas jurnalistik juga meningkat seiring kompetensi yang telah terukur dan teruji.

Terkait kerja sama dengan PWI sebagai organisasi kewartawanan terbesar di Indonesia, Sulistya mengaku menjadi mitra strategis yang kini dirangkul PLN termasuk  media massa.

Oleh karena itu, dia memastikan terus bersinergi dengan kalangan jurnalis yang selama ini mendukung kinerja PLN melalui publikasi berita positif dan berimbang untuk mengedukasi masyarakat.

Baca juga: SwaCAM PLN Mobile berikan kemudahan pelanggan cek tagihan listrik
Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP3B Kalimantan Sulistya Aji Wibawa berfoto bersama pengurus PWI Kalsel dan peserta UKW pada Jumat (26/5/2023).  (ANTARA/Firman)

Sementara Sekretaris PWI Kalsel Toto Fachrudin mengakui kontribusi nyata PLN telah menunjukkan negara hadir untuk mencetak insan pers profesional berkualitas melalui program UKW yang diinisiasi Dewan Pers.

"Besar harapan kami lebih banyak lagi BUMN lainnya bisa berkontribusi nyata membantu peningkatan kompetensi insan pers sebagai pilar penting demokrasi bangsa," ujarnya.

Seremonial pra UKW Angkatan XVII dan XVIII dibuka oleh Khariadi Asa selaku anggota Dewan Kehormatan Daerah (PWI) Provinsi Kalsel yang mewakili Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie.

Total ada 42 orang mengikuti UKW kali ini yang mengklasifikasikan wartawan dalam tiga jenjang yaitu Muda untuk wartawan yang menjadi pelaksana jurnalisme (reporter), Madya untuk yang mengelola ruang redaksi (redaktur) dan Utama untuk para pimpinan redaksi atau penanggungjawab redaksi.

Baca juga: PLN jaring talenta banua jadi mahasiswa Institute Teknologi PLN

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023