Promo Hari Belanja Nasional (Harbelnas) PLN dimanfaatkan berbagai mitra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang tergabung dalam marketplace PLN Mobile menjajakan produk andalan sejak tanggal 1-31 Mei 2023
 
Salah satunya Roemah Daster Kalsel di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang menjual produk fashion wanita maupun pria, berupa daster, piyama, kaos wanita/pria, mukena, gamis, tas dan lainnya.

Baca juga: SwaCAM PLN Mobile berikan kemudahan pelanggan cek tagihan listrik
 
Pemilik usaha Roemah Daster Kalsel melalui keterangan tertulis Humas PLN Unit Induk Distribusi (UID) PLN Kalselteng Hendra Aji di Banjarbaru, Kamis mengatakan alasan memilih marketplace PLN Mobile sebagai etalase produknya.
 
"Kami melihat peluang karena produk yang tersedia di marketplace PLN Mobile di pulau Kalimantan sangat terbatas. Nah dari situ kami terpikirkan ide menjual produk di marketplace PLN Mobile, syukur alhamdulillah laku keras dan sudah berjalan dua tahun," ujar Hendra.
 
Hendra menyebutkan, Harbelnas yang diselenggarakan PLN sangat menguntungkan penjual karena salah satu faktor menjadi penyebab melesatnya penjualan berasal dari antusiasme masyarakat terhadap promo voucher tambah daya PLN.
 
"Selama periode Harbelnas PLN ini, penjualan produk meningkat dua kali lipat dari hari biasanya. Seperti pada minggu ketiga, dalam satu minggu berhasil menjual kurang lebih 20 transaksi penjualan dengan pembelanjaan per transaksi minimal Rp125.000," ungkapnya.
 
Menurut Hendra, produknya di marketplace PLN Mobile sudah terjual hingga ke seluruh pulau Kalimantan dan Sumatera sehingga berharap program promo PLN dapat berkelanjutan karena bermanfaat besar bagi UMKM.
Salah seorang pembeli tengah memilih produk yang dijajakan di Roemah Daster Kalsel di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
 
"Semoga melalui marketplace PLN Mobile, toko menjadi lebih dikenal masyarakat, serta omset penjualan online meningkat. Kami juga sangat berharap promo PLN dilaksanakan berkelanjutan, karena berdampak positif dalam peningkatan ekonomi usaha kecil menengah," ucapnya.

Baca juga: PLN jaring talenta banua jadi mahasiswa Institute Teknologi PLN
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Muhammad Joharifin mengatakan, promo Harbelnas bertujuan memacu pertumbuhan ekonomi UMKM.
 
Ia menjelaskan, bagi pelanggan, program sangat menguntungkan karena dapat harga spesial tambah daya dengan bertransaksi melalui fitur Marketplace di aplikasi PLN Mobile sekaligus turut berpartisipasi dalam pemberdayaan UMKM.
 
"Sebagai wujud supporting UMKM, PLN memberikan wadah untuk memasarkan produknya melalui fitur Marketplace yang tersedia di aplikasi PLN Mobile. Fitur Marketplace ini memudahkan UMKM memasarkan produknya sembari memberi promo bundling program diskon tambah daya bagi pelanggan," jelas Joharifin.
 
Dikatakan, antusiasme masyarakat cukup tinggi mengikuti promo Harbelnas dimana hingga Kamis (25/05/23@) sebanyak 1.043 pelanggan di Kalsel dan Kalteng telah memanfaatkan promo.
 
Caranya, cukup transaksi satu kali di Marketplace PLN Mobile minimal Rp125.000 mendapatkan voucher tambah daya sampai dengan daya akhir 5.500 VA dengan harga spesial Rp250.000, program promo berlaku bagi pelanggan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil.
 

Ditambahkan, pihaknya mengajak masyarakat memanfaatkan program dengan mengajukannya melalui aplikasi PLN Mobile dan bagi setiap user nantinya hanya berhak dapat 1 kali voucher tambah daya.
 
"Masih ada kesempatan, program berlaku sampai tanggal 31 Mei 2023 sehingga masih ada waktu bagi setiap masyarakat yang ingin memanfaatkan kesempatan tambah daya dengan harga spesial dari PLN" katanya.
 
Baca juga: PLN lakukan pemeliharaan gardu induk jaga pasokan listrik Kalselteng
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023