Dinas Sosial Kabupaten Tabalong tahun ini memberikan bantuan beasiswa bagi 90 mahasiswa tidak mampu atau berasal dari keluarga miskin untuk bisa menyelesaikan kuliahnya.

  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong Abu Bakar Sidiq mengatakan beasiswa tahun ini ditargetkan bagi 100 mahasiswa namun hanya terealisasi 90 orang.

Baca juga: Dinas Sosial Tabalong target bantu 100 mahasiswa tidak mampu

 "Kita akan mengoptimalkan sosialisasi agar program beasiswa bisa terserap 100 persen," jelas Abu Bakar di Tabalong, Kamis.

 Belum optimalnya penyebarluasan informasi terkait bantuan dari dana APBD Kabupaten Tabalong ini menyebabkan sejumlah mahasiswa di 'Bumi Saraba Kawa' yang kuliah di luar daerah tidak mengetahuinya.

 Selanjutnya untuk pelaksanaan bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu tahun anggaran 2024, tahapan seleksi dimulai Juli dan Agustus 2023.
"Bagi yang berminat bisa menyiapkan persyaratan administrasi dan tahapan seleksi kita mulai sejak Juli sampai Agustus 2023," tambahnya.

Dinas Sosial setempat pun akan mengupayakan kenaikan bantuan beasiswa secara bertahap agar bisa mengakomodir kebutuhan perkuliahan.

Abu Bakar menyebutkan bantuan beasiswa sejak 2021 sebesar Rp2,5 juta per tahun dan akan dinaikkan Rp3,5 per tahun pada 2024.

Bagi mahasiswa yang berminat harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya terdaftar dalam data kemiskinan desa maupun kelurahan.

Selain itu tercatat sebagai mahasiswa aktif dan kuliah di perguruan tinggi terakreditasi minimal sudah mengenyam pendidikan selama 2 semester.

Persyaratan lainnya IPK minimum jurusan eksakta 2,50 dan non-eksakta 2,75 untuk perguruan tinggi negeri serta untuk jurusan eksakta 2,60 dan non-eksakta 2,80 bagi perguruan tinggi swasta dan tidak sedang menerima beasiswa lain.

Baca juga: Dinsos Tabalong sosialisasikan BLT BBM

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023