Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur dan Wakil Bupati  Said Idrus Al-Habsy mendoakan Jamaah Calon Haji (JCH) yang siap diberangkatkan ke tanah suci meraih haji mabrur.
 
"Semoga menjadi haji yang mabrur dan pulang dengan selamat kembali ke kampung halaman," ujar bupati dan wabup di sela shalat hajat dan pelepasan JCH Banjar di Masjid Syi’arussholihin, Martapura, Senin.
 
Bupati dan wabup juga berpesan agar jamaah menjaga kesehatan sehingga sehat dan bugar sebelum diberangkatkan maupun selama menjalani rangkaian ibadah haji di Mekah maupun Madinah.
 
Diketahui, jumlah JCH Kabupaten Banjar yang siap diberangkatkan sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebanyak 379 orang termasuk para petugas haji dan tim kesehatan yang selalu mendampingi rombongan.
 
Kepala Kantor Kemenag Banjar Nazwan Noor mengatakan, jumlah jamaah calon haji yang mendaftar tercatat kurang lebih 18 ribu dan 461 di antaranya mendapat panggilan berangkat haji tahun 2023.
 
Kemudian, dari 461 jemaah itu sebanyak 379 melakukan pelunasan, sementara sisanya menunda dengan berbagai alasan, seperti batal, sakit, hamil, meninggal dunia dan mutasi ke daerah lain.
 
"Sebanyak 379 CJH diberangkatkan itu terbagi tiga kelompok terbang. Kloter pertama sebanyak 323 orang ditambah 2 PHD terdiri dari 145 laki-laki dan 185 perempuan dengan usia tertua 85 tahun," ucapnya.
 
Dikatakan Nazwan, jamaah kloter pertama diberangkatkan ke tanah suci 28 Mei 2023 disusul kloter 16 sebanyak 31 orang berangkat 18 Juni 2023 tergabung jamaah dari HSS, HST dan Tapin.
 
Sementara, rombongan ketiga yang masuk dalam kloter 17 sebanyak 25 JCH diberangkatkan tanggal 20 Juni 2023 tergabung dengan jamaah asal Banjarmasin, Hulu Sungai Utara dan Padang, Provinsi Sumbar.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023