Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kalsel melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2023 dalam rangka meningkatkan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Tata kelola SPBE yang baik mampu mendorong pembangunan birokrasi dan pelayanan publik, sehingga diperlukan peningkatan melalui penguatan sarana dan prasarana di Kalimantan Selatan ini,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Selasa.

Roy menuturkan, kualitas konektivitas internet menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan SPBE,  sehingga penguatan jaringan di wilayah Kalsel terus dilakukan.

Ia berharap, terkait dengan gangguan internet yang masih terjadi agar segera ditindaklanjuti dinas terkait.

Hal itu disampaikan berkaitan dengan gangguan sistem keamanan situs pemerintahan sehingga kebocoran data bisa saja terjadi jika tidak didukung akses internet yang memadai.

“Saat ini kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan sudah memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),” katanya.

Roy memaparkan, salah satu peran KIM bagi pemerintah yakni melakukan pemetaan teknis dan langkah komunikasi di lingkungan Pemprov Kalsel.

Ia menyebutkan, keberadaan KIM diharapkan mampu sebagai pendukung pemerintah setempat untuk menyampaikan informasi dan kebijakan pemerintah.

Lebih lanjut dia mengatakan, data dan statistik dari kabupaten dan kota dapat dikoordinasikan kelompok KIM sehingga nantinya dihimpun menjadi satu data di provinsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kalsel Muhammad Muslim mengatakan Rakerda dilaksanakan untuk menyamakan sudut pandang kabupaten dan kota terkait kebijakan urusan komunikasi dan informatika di Kalsel.

“Rakerda ini juga bertujuan untuk menyusun kebijakan maupun strategi agar sinkron dengan pemerintah pusat,” ucapnya.

Muhammad menyebut kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

Ia berharap setelah pelaksanaan rakerda, pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota mampu mengembangkan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca juga: Sekdaprov: Partisipasi ANTARA di Rakerda Diskominfo se-Kalsel luar biasa
 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023