Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kembali mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) jenis traktor dua roda dan pompa air.

Kepala Dinas PTPHPP Balangan, Tuhalus, Rabu di Paringin menerangkan, bantuan alsintan tersebut merupakan bantuan pusat melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), demi menggenjot hasil pertanian di bumi sanggam.

"Traktor kebutuhan pertanian yang merupakan bantuan pusat melalui anggaran APBN sudah kita terima, dengan jumlah 81 unit, dan sekarang semua ada di Halaman Kantor Dinas PTPHPP Balangan," terangnya.

Saat ini lanjut Tuhalus, sebelum dibagikan kepada kelompok tani di Balangan, peralatan tersebut sedang diperiksa kondisinya oleh tim dari Provinsi Kalsel.

Tuhalus berharap dengan adanya program bantuan peralatan pertanian  tersebut, para petani semakin bersemangat untuk meningkatkan produksi pertaniannya, dan semakin rajin dalam memanfaatkan lahan mereka.

"Nanti kelompok tani yang akan menerima bantuan tersebut akan kita seleksi terlebih dahulu, dan disesuaikan dengan kebutuhan mereka," jelasnya.

Setidaknya sebanyak 81 traktor R2 sudah datang dan berjejer di halaman kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Balangan.

Selain traktor R2, di halaman juga terpantau peralatan lainnya seperti enam unit combine harvester sedang, 18 unit combine harvester kecil, empat unit power thresher biasa, 32 unit power thresher multiguna, 16 unit pompa air serta 17 unit rice transplanter dan enam unit jenis lainnya.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016