Puluhan mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menerima sertifikat magang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
 
"Ada sebanyak 31 mahasiswa kita yang menerima PMMB BUMN ini," ujar Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut Joni, para mahasiswanya itu menerima sertifikat magang PMMB BUMN, yakni, dari PT PLN melalui Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan (UPDL) Banjabaru, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dan PT Pegadaian.
 
Joni sangat mengapresiasi kepada semua perwakilan BUMN yang telah memberikan kesempatan untuk mahasiswa Poliban untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman di perusahaan milik negara tersebut hingga mendapatkan keterampilan yang bagus.
 
"Kami menyadari kalau ilmu yang ada di industri harus dibawa ke dalam kelas, jadi kami juga mengundang dosen-dosen praktisi dari luar kampus untuk mengajar di kampus Poliban," ujarnya.
Puluhan mahasiswa Poliban terima sertifikat magang PMMB BUMN. (ANTARA/HO-Poliban)
 
Tujuannya, kata Joni, untuk bersama menciptakan sumber daya manusia yang unggul, inovatif, kreatif, adaptif dan siap menghadapi perkembangan zaman.
 
Apalagi, respon petinggi BUMN sangat positif untuk kerjasama ini terus dilanjutkan, sebagaimana disampaikan Manager PT PLN UPDL Banjarbaru, Zaky Yamani Kertapati yang memastikan terus menerima program magang mahasiswa Poliban.
 
Bahkan dinyatakan dia, untuk pengembangan program-program lainnya, sehingga kolaborasi antara industri dengan akademik bisa terjalin dengan sigap, untuk menyiapkan generasi muda ini masuk ke dunia industri.
 
Demikian juga disampaikan Manager Regional SDM dan Umum PT Pelindo Wahyu Eko Yulianto yang mengharapkan dari kegiatan magang mahasiswa Poliban bisa membawa manfaat dan PMMB bisa terus berjalan lancar.
 
Adapun dari Perum Bulog Regional Kalsel disampaikan Budiawan mengharapkan pula PMMB ini bisa berjalan terus dan bisa menciptakan SDM yang mumpuni.
 
"Kami berharap program ini terus berlanjut, kami Perum Bulog senantiasa bisa memberikan ilmu kepada mahasiswa-mahasiswi di sini sehingga bisa menciptakan SDM yang sesuai tujuan BUMN," paparnya.
 
Terakhir, Pimpinan PT Pegadaian, Faris Fauzan menyampaikan, bahwa magang itu merupakan pengenalan ke dunia kerja, sehingga mahasiswa bisa memanfaatkan betul kesempatan yang sudah didapat.
 
"Temen-temen harus sudah siap, selama magang pada saat pimpinan memberikan tugas tambahan, terima saja karena itu proses pengenalan dunia kerja. Nikmati proses magang itu, jadikanlah magang itu sebagai tempat belajar," demikian katanya.

Lebih lanjut baca juga: https://poliban.ac.id/31-mahasiswa-poliban-terima-sertifikat-magang-program-pmmb-bumn/
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023