Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Arus kedatangan barang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dari beberapa provinsi tetangga melonjak sekitar 5-10 persen selama menjelang hingga Ramadhan 1437 hijriah.

GM Pelindo III Banjarmasin, Hengky Jajang Herasmana di Banjarmasin, Senin, mengatakan melonjaknya arus kedatangan barang, terutama kebutuhan pokok tersebut terjadi karena permintaan barang selama Ramadhan dan menjelang lebaran, juga meningkat tajam.

Beberapa distributor barang kebutuhan sembilan bahan pokok juga menambah stok, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang lebaran.

Saat ini, tambah dia, arus kedatangan barang telah mencapai 30.845 boks, naik dibanding bulan-bulan sebelumnya, sekitar 27 ribu boks hingga 29.555 boks per bulan.

"Kenaikan terjadi karena para pedagang menambah stok, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pada puasa dan lebaran," katanya.

Mengantisipasi lonjakan kedatangan arus barang tersebut, tambah dia, pihaknya sejak jauh-jauh hari, telah menyiapkan infrastruktur untuk mengantisipasi melonjaknya arus kedatangan barang tersebut.

"Lonjakan arus barang biasa terjadi setiap Ramadhan dan menjelang lebaran, sehingga kita sudah bisa memprediksi dan menyiapkan berbagai infrastruktur yang diperlukan," katanya.

Menurut Jajang, selain mengantisipasi arus kedatangan barang, Pelindo III Banjarmasin, juga sedang mempersiapkan fasilitas dan sarana prasarana bila terjadi lonjakan penumpang.

Menurut Jajang, khusus untuk arus penumpang, kini mulai terjadi peningkatan, walaupun jumlahnya belum terlalu signifikan.

Biasanya lonjakan arus penumpang, baru akan terjadi menjelang h-7 hingga h-3 lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.

Jajang berharap, mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, perusahaan memberikan tunjangan hari raya lebih awal, sehingga para karyawan bisa memulangkan keluarganya lebih dulu, sebelum libur menjelang lebaran diberlakukan.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016