Polres Hulu Sungai Utara, Polda Kalsel, mengantisipasi kemungkinan tindakan tahanan yang tidak diinginkan dan memastikan kondisi kesehatan para tahanan dengan melaksanakan pengecekan ruang tahanan di Mapolres HSU.

Menurut Kasi Humas Polres HSU, AKP Momo Jon Rodok sebagaimana rilis pers yang disampaikan, Selasa, Pamenwas melakukan pengamanan mako dan wilayah pada saat cuti bersama Idul Fitri 1444 H.

"Personil Polri tetap waspada, tingkatkan pengawasan dan jangan abai, agar tidak ada tahanan yang kabur memanfaatkan kelengahan petugas,” ujar Momo.

Momo mengatakan, tidak semua personil bisa menikmati libur penuh selama masa cuti bersama dan libur Idul Fitri, termasuk yang harus tetap bertugas pada masa liburan agar terwujudnya Kamtibmas.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol NurHidayat,  menyampaikan agar secara rutin melaksanakan pengecekan ruang tahanan.

“Seluruh jajaran Polres HSU memperketat pengamanan Kamtibmas di wilayah Yurisdiksi, serta tetap memberikan pelayanan publik pada masyarakat. Hal ini untuk merespons agenda libur cuti bersama selama Idul Fitri 1444 H/2023 M, " kata Nurhidayat.

Baca juga: Rutan Polres Tapin bobol, enam orang kabur saat Lebaran 2023


Sementara pada Idul Firri 1444 H, Polres HSU juga memberikan layanan balik gratis bagi para pemudik yang akan kembali ke Banjarbaru dan Banjarmasin setelah mudik Lebaran.

Layanan ini diberikan sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Kasat lantas Polres HSU AKP Tugiyana  mengatakan layanan balik gratis ini disediakan bagi para pemudik yang berangkat pada Rabu, 26 April 2023 pukul 09.00 Wita dengan tempat pendaftaran Sat Lantas Polres Hulu Sungai Utara

"Layanan ini disediakan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada masyarakat dalam rangka memudahkan pemudik yang ingin kembali ke Banjarmasin dan Banjarbaru setelah mudik," terang Tugiyana mewakili Kapolres HSU, AKBP Moch Isharyadi.

Ia menjelaskan, pemudik yang ingin menggunakan layanan ini harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di Polres HSU dengan membawa fotocopy KTP dan kartu keluarga (KK) 1 lembar.

Pihak Polres HSU berharap layanan ini dapat membantu para pemudik untuk kembali ke Banjarbaru dan Banjarmasin dengan aman dan nyaman serta adanya mudik gratis ini dapat mengurangi volume pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Untuk layanan balik gratis ini, Polres HSU juga menghimbau agar membawa barang seperlunya agar tidak memberatkan pemudik saat kembali.

Baca juga: 13 Polres jajaran Polda Kalsel buka penitipan kendaraan gratis bagi pemudik

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023