Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsy bersama ribuan jamaah memadati Masjid Agung Al Karomah Martapura untuk mengikuti Shalat Idul Fitri (Ied).
 
Pelaksanaan Shalat Id di masjid yang terletak di Kota Martapura, Ibu Kota Kabupaten Banjar, Sabtu dimulai pukul 08.05 WITA dengan Imam Shalat KH Wildan Salman dengan Khatib KH Ali Murthado.

Baca juga: ARUS MUDIK - Wakil Bupati Banjar lepas angkutan mudik gratis ASN
 
KH Ali Murthado dalam khutbah mengatakan Bulan Ramadhan telah meninggalkan dan berganti dengan Bulan Syawal yang telah memancarkan cahaya sejak Jumat malam. 
 
"Kita semua sebagai seorang muslim sudah seharusnya mengucapkan takbir untuk semakin menyempurnakan bulan Ramadhan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT," ujarnya.
 
Khatib juga mengajak jamaah untuk bersyukur karena telah menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh serta menunaikan kewajiban lainnya, yakni mengeluarkan zakat fitrah untuk umat yang kurang mampu.

Baca juga: Wabup Banjar salurkan beras Cadangan Pangan Pemerintah kepada masyarakat
 
"Semuanya berkat pertolongan dan kekuatan yang diberikan Allah untuk melaksanakannya, melawan berbagi hawa nafsu hingga hari kemenangan bagai prajurit yang baru datang dari medan perang," ucapnya.
 
Selanjutnya, khatib mengungkapkan rasa solidaritas umat Islam yang tinggi dalam berfitrah memupuk persatuan dan kesatuan, saling kunjung mengunjungi silaturahmi dan saling memaafkan.

Baca juga: Festival "Becatuk Dauh" komitmen Pemkab Banjar lestarikan tradisi religius

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023