Barabai, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, A Chairansyah mengatakan Desa Kadundung, Kecamatan Labuan Amas Utara, merupakan salah satu contoh desa mandiri dan produktif sehingga masyarakatnya bisa berkembang dengan baik.

Menurut Chairansyah di Barabai, Selasa, masyarakat Desa Kadundung memiliki jiwa dan semangat gotong royong tinggi sehingga persatuan dan kekompakan masyarakat terjalin dengan baik.

"Bila hubungan antarwarga terjalin dengan baik, pembangunan dan penyelesaian masalah yang terjadi juga berjalan lebih lancar dan mudah," katanya.

Di bidang kesehatan, aktifnya posyandu balita dan lansia membuat jumlah kematian ibu dan bayi menurun drastis karena kesehatan anak dan ibu hamil dikontrol secara rutin.

Sektor ekonomi, masyarakat desa tersebut juga mempunyai usaha ekonomi produktif yakni usaha home industri berupa panganan marning, keripik singkong dan pisang yang dikelola secara tradisional.

"Sehingga wajar bila desa Kadundung ini terpilih mewakili Kabupaten dalam lomba desa tingkat provinsi," katanya.

Desa Kadundung, merupakan desa yang terpilih mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dalam lomba desa.

Tim penilaian lomba desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan turun langsung ke desa untuk mengecek berbagai bidang yang menjadi syarat dalam lomba desa.

Menurut Wabup, dari sembilan desa dan satu kelurahan yang sudah dievaluasi oleh tim dari Kabupaten, desa Kadundung merupakan yang paling siap mewakili HST karena mempunyai berbagai kelebihan dan keunggulan.

"Secara administrasi, desa Kadundung juga relatif lebih baik dibanding desa-desa lainnya," katanya.

Ketua tim penilai lomba desa, Nazamuddin, mengatakan, penilaian lomba desa dilakukan secara obyektif dengan berbagai indikator penilaian yang diharapkan jadi pemicu meningkatkan tertibnya administrasi setiap pemerintah desa (pemdes).

"Penilaian ini, harus jadi pemicu lebih tertib lagi birokrasi pemeritahan desa. Dengan tertibnya administrasi di desa tentunya memberikan kepuasan bagi masyarakat," ujarnya

Kepala Desa Kadundung, Syurkani, mengatakan optimistis, desanya akan terpilih jadi salah satu juara lomba desa di tingkat Provinsi Kalsel.

"Meskipun perlombaan desa itu persiapannya singkat, namun bagi Pemdes Kadundung tidak menjadi persoalan, karena pelayanan dan tertib administrasi desa sudah berjalan seperti biasa," katanya.

Pewarta: M.Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016