Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Banjar kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Yulindra Tri Kusumo Nugroho, Selasa  menyerahkan secara langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tersebut kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman dan kepada Wakil Ketua DPRD Banjar Muhammad Iqbal serta sembilan pemerintah kabupaten di Kalimantan Selatan.

Bupati Banjar H Khalilurrahman saat dimintai keterangannya seusai menerima penghargaan opini WTP mengatakan, tanpa bantuan dari lembaga pemeriksa eksternal pemerintah dalam mengoreksi untuk perbaikan sistem laporan pengelolaan keuangan daerah, tentu prestasi ini tidak bisa didapatkan serta kerja keras seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Banjar dan seluruh anggota dewan juga turut menentukan.
 
“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat bangga dan berterima kasih atas kerja keras semua”, kata Bupati Banjar.

Ia menjelaskan, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hanya bisa diraih oleh lembaga pemerintah pusat maupun daerah, jika laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK memenuhi standar akuntansi pengelolaan keuangan negara berdasarkan peraturan dan perundang-undangan berlaku.

“Ini merupakan sesuatu yang membanggakan bagi kita semua. Kabupaten Banjar berhasil meraih opini WTP. Semoga di tahun berikutnya kita bisa lebih meningkatkan pengelolaan sistem keuangan dan aset kita, sehingga kita kembali bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian,” harap Bupati Banjar.

Sementara itu dalam sambutannya, Yulindra Tri Kusumo Nugroho mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, opini BPK atas Laporan Keuangan Kabupaten Banjar TA 2015 adalah sama dengan tahun sebelumnya yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Artinya Laporan Keuangan disajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Selamat saya ucapkan kepada pemerintah kabupaten yang berhasil mempertahankan predikat WTP,” ucapnya Yulindra.

Ia berharap, masing-masing pemerintah kabupaten agar terus dapat meningkatkan kualitas administrasi keuangan daerah serta pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya kemakmuran seluruh rakyat.

“Bagi kabupaten yang belum berhasil meningkatkan opininya, terus berusaha memperbaiki pengadministrasian keuangan daerah masing-masing,” ujarnya memberikan semangat.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Banjar Ir H Nasrun Syah didampingi sejumlah pejabat diantaranya Kepala Inspektorat Kabupaten Banjar Imam Suharjo, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, serta Sekretaris DPRD Banjar Azwar dan beberapa pejabat lainnya. (sadi/f)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016