Bagi masyarakat yang berniat melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengimbau agar dapat betul-betul menyiapkan dirinya sehingga dapat menempuh perjalanan sampai ke tujuan dengan selamat.

"Pastikan kondisi badan sehat dan bugar, jika dalam perjalanan mengantuk segera berhenti istirahat di pos-pos Operasi Ketupat yang kami sediakan," kata dia usai
memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Intan 2023 di lapangan Polri Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru, Senin.

Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 2.238 personel gabungan untuk mengamankan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang dibalut dalam Operasi Ketupat Intan tahun 2023.

Operasi dilaksanakan Polda termasuk seluruh Polres jajaran selama 14 hari terhitung mulai 18 April hingga 1 Mei 2023.

Di sepanjang jalur mudik dan area keramaian masyarakat lainnya, didirikan 38 posko terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu.

Selain jalur darat di sepanjang lintas Jalan Ahmad Yani penghubung antar kabupaten dan kota di Kalsel, petugas juga difokuskan untuk pengamanan terminal, bandara dan pelabuhan.
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersama forkopimda dan unsur terkait saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Intan 2023. (ANTARA/Firman)


Kapolda menekankan anggotanya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik termasuk ketika perayaan Idul Fitri yang ditandai Salat Id berjamaah.

Kemudian tempat hiburan masyarakat dan objek wisata juga diingatkannya untuk kehadiran petugas yang maksimal demi menjaga kondusifitas.

"Objek wisata pantai biasanya paling banyak pengunjungnya, pastikan keamanan pengunjung terutama anak kecil agar tidak lepas dari pengawasan orang tua," ucap jenderal bintang dua itu.

Sedangkan keamanan lingkungan pemukiman juga tak luput dari atensi Kapolda mengingat akan ada banyak rumah kosong ditinggal penghuninya mudik.

Oleh karena itu, dia berpesan kepada masyarakat untuk memberitahukan ke Bhabinkamtibmas jika rumah kosong ditinggal mudik sehingga Polsek setempat bisa melakukan pemetaan agar dilakukan patroli secara intens mencegah tindak pencurian.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023