Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan menyiapkan mahasiswa menjadi pemimpin BUMN pada masa depan dengan karakter tangguh berkontribusi membangun Indonesia.

"BUMN Goes To Campus di sini menunjukkan Pak Erick Thohir yakin dan optimis ULM mampu mencetak generasi muda berkualitas untuk memimpin BUMN," kata Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Pemkab HSU gandeng ULM terkait SDM

Dijelaskan Arya, Saat ini regenerasi BUMN dimulai dari mahasiswa sebagai generasi muda yang mempunyai keunggulan "soft skill" demi kemajuan bangsa.

Dia pun berpesan agar mahasiswa bisa berhasil pada masa depan dengan menerapkan manajemen waktu yang baik, mempunyai karakter dan mampu berkomunikasi secara mumpuni sesuai kebutuhan dunia global.

Jika semua itu dimiliki, kata dia, maka target Kementerian BUMN yaitu mencapai 10 persen millenial menduduki posisi pimpinan di BUMN pada 2023 bisa berjalan mulus dan berkesinambungan.

Baca juga: Dekat IKN, Bupati dukung ULM bangun kampus di Tabalong

Sementara itu, Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kementerian BUMN yang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa untuk menempa diri dalam dunia bisnis.

"ULM berkomitmen dapat melahirkan wirausaha baru untuk mendorong gerak maju pembangunan nasional, di samping mencetak kaum intelektual berkontribusi memberikan pemikirannya bagi bangsa," ujarnya.

Ditegaskan Alim, sumber daya manusia di ULM sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dan terbesar di Pulau Kalimantan yang memiliki 40 ribu mahasiswa pada 110 program studi tersebar pada 11 fakultas merupakan potensi besar dalam lahirnya calon pemimpin segala sektor termasuk BUMN.

Dalam gelaran BUMN Goes To Campus, terdapat sembilan "booth" edukasi dari 10 perusahaan BUMN yaitu Mandiri, BNI, Pertamina, Jamkrindo, Jasa Raharja, Bukit Asam, Pelindo, Airnav, dan PNM. 

Baca juga: Kalsel kemarin, dari 411 calon mahasiswa KIP Kuliah hingga wisata kuliner Banua Anyar

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023