Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjalin kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, di bidang pendidikan peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). 

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Kamis, Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Penjabat (Pj) Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah dengan Rektor ULM Banjarmasin, Prof Ahmad Alim Bachri di Amuntai.

Baca juga: Pj Bupati HSU lantik Kepala Diskominfo Adi Lesmana menjadi Sekda

"Kedepannya ULM dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten HSU," ujar R Suria.

R Suria juga berharap, ULM berperan membantu Pemkab HSU dalam mengatasi masalah penyebaran tanaman gulma di lahan pertanian dan masalah banjir yang kerap terjadi di Wilayah Kabupaten HSU 

"Mudah-mudahan dengan penandatanganan kesepakatan, kita dapat melanjutkan kerjasama ini dengan baik yang sudah sudah mungkin akan ditingkatkan kembali," imbuh Suria.

Pj Bupati juga mengakui jika penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi didaerahnya sangat membantu dalam memberdayakan masyarakat di desa.

Rektor ULM Banjarmasin, Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan apresiasi kepada Pj Bupati HSU yang telah memberikan dukungannya atas terselenggaranya kerjasama antara Pemkab HSU dengan ULM Banjarmasin. 

Baca juga: STIA Amuntai undang kades penempatan PKL

"Saya mewakili seluruh jajaran Civitas Akademika Universitas Lambung Mangkurat menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten HSU atas kerjasama ini," kata Alim Bachri.

Menurut Bachri, kerjasama ini penting dilakukan guna memberikan kesempatan bagi putera-puteri daerah untuk meningkatkan kualitas SDM terutama bagi kemajuan Kabupaten HSU kedepannya. 

Bachri mengemukakan, dalam rangka pengembangan SDM di Negara Republik Indonesia termasuk di Kawasan Regional Kalimantan, saat ini ULM memiliki kurang lebih 110 program studi pada pendidikan S1, dan tujuh program pendidikan dokter spesialis. 

Maka Fachri berharap seluruh program studi yang ada di ULM dapat dimanfaatkan bagi putera-puteri daerah HSU untuk peningkatan SDM kedepannya baik melalui jalur mandiri, maupun jalur tes dan jalur prestasi. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekertaris Daerah HSU, H Adi Lesmana, para kepala SKPD dilingkungan Pemkab HSU serta jajaran Civitas Akademik ULM Banjarmasin. 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023