Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Balanga menjadi tuan rumah rapat koordinasi daerah Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Bidang Pendidikan periode 2016 se-Kalimantan Selatan


Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, di Paringin Selasa mengaku senang dan bangga, Bahwa daerah yang berjuluk "Bumi Sanggam" terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda).

"Selain itu Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Paringin menjadi tempat dilaksanakannya penelitian, bahkan ini merupakan kesempatan mengenalkan budaya dan wisata Kabupaten Balangan kepada 13 kabupaten/kota yang menjadi peserta," terangnya.

Ia berharap, Rakorda Jarlitbang Bidang Pendidikan dapat mewujudkan kesepekatan bersama dan menghasilkan komitmen untuk menindaklanjuti program-program yang relevan dan strategis, sehingga dapat menghasilkan generasi yang terdidik dan berilmu.

"Sesuai dengan temanya, Aktualisasi peran jaringan penelitian bidang pendidikan dalam mendorong pembangunan pendidikan berkarakter di Kalsel, lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan yang berkompeten dapat berfungsi secara maksimal serta tepat sasaran," ujarnya.

Dimana lanjut H Syaifullah, diera otonomi daerah saat ini, keberadaan jaringan penelitian bidang pendidikan sangat diperlukan dalam upaya mensinkronkan berbagai kebijakan pendidikan nasional dan membentu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan.

Kepala Badan dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Selatan, Drs H Muhammad Nispuani mengungkapkan tujuan pelaksanaan Rakorda Jarlitbang adalah untuk meningkatkan pemahaman anggota Jarlitbang Daerah Kabupaten/Kota.

Pemahaman terhadap tata kerja kelembagaan dan agenda peningkatan kemampuan SDM peneliti, penatalaksanaan penelitian Jarlit Bidang Pendidikan serta pengembangan jejaring informasi dan pertukanan informasi hasil-hasil penelitian Jarlitbang Kabupaten/Kota.

Kegiatan Rakorda Jarlitbangda Bidang Pendidikan Tahun 2016 sendiri digelar oleh Balitbangda Kalsel dengan tuan rumah Kabupaten Balangan.

Rakorda sendiri dibuka langsung oleh mantan Pj Bupati Balangan HM Hawari yang mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirinnor pada Rabu (25/5) lalu. Selanjutnya, SMPN 4 Paringin, di Kecamatan Paringin Selatan, menjadi tempat pelaksanaan penelitian kegiatan Jarlitbang Bidang Pendidikan Tahun 2016./c

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016