Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan mengecek akurasi alat ukur bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum menjelang Idul Fitri demi kenyamanan masyarakat.
 
Pengecekan sebagai pengawasan operasional SPBU dilakukan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) dengan mendatangi puluhan SPBU sejak 10-17 April 2023.

Baca juga: Komisi VI DPR apresiasi PLN siapkan keandalan listrik masa mudik 2023
 
"Pengawasan dengan mendatangi SPBU yang tersebar di Kabupaten Banjar. Jumlahnya sebanyak 20 buah dan 17 buah sudah dicek," ujar Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati di Martapura, Sabtu.
 
Pengecekan terakhir, pada Kamis (13/4/2023) dilakukan tim gabungan terhadap dua SPBU yakni PT Sumber Rezeki Hidayah di Cabi dan SPBU PT Sahabat Membangun Bersama di Sungkai Kecamatan Simpang Empat.
 
Kegiatan didampingi petugas Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III Kalimantan dan PT Pertamina Patra Niaga Ritel Kalsel dan hasilnya alat ukur BBM aman serta dapat ditoleransi.

Baca juga: ARUS MUDIK - Belum ada lonjakan penumpang kapal antarpedesaan Kotabaru
 
Menurut Made, pengawasan terhadap SPBU merupakan kegiatan rutin yang dilakukan DKUMPP guna menjamin kebenaran pompa ukur BBM dan melindungi kepentingan umum atas pembelian BBM.
 
"Dasar pengawasan yang dilakukan adalah Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," ucapnya.
 
Pejabat perempuan itu meminta agar pelaku usaha tidak mengotori bulan suci Ramadhan dengan kecurangan yang akan merugikan konsumen dan menurunkan citra Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis.
 
Pengawas Kemetrologian Ahli Madya BSML Regional III Kalimantan Ahmad Yani mengatakan, pihaknya selalu dilibatkan dalam pengawasan dan fasilitasi dan bukan hanya di SPBU tetapi juga alat ukur di pasar.
 
"Pengawasan harus dilakukan berkesinambungan karena rentan terjadi kecurangan apalagi jelang Idul Fitri diperlukan sekali BBM terutama jalur mudik, jangan sampai konsumen dirugikan," pesannya.
 
Sales Branch Manager III Kalsel Moh Riza Rahmat Syah mengapresiasi kolaborasi antara PT Pertamina dan Pemkab Banjar yang melakukan pengawasan menjelang Idul Fitri demi kenyamanan masyarakat.
 
Baca juga: ARUS MUDIK: penumpang pesawat di Bandara Tanah Bumbu meningkat 67 persen
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023