Dinas Kesehatan dan TP PKK Kalimantan Selatan  melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa  Sunatan/ Khitan Massal dan Pengobatan gratis di Kecamatan Sungai Pandan, Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Melalui siaran pers yang diterima, Kamis, Wakili Ketua bidang IV PKK Kalsel Hj. Suppi Nursani mengatakan, Dinkes dan PKK Kalsel sekaligus bisa bersilaturrahim dengan masyarakat  melalui kegiatan Bakti Sosial di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Baca juga: Puluhan anak ikuti khitanan massal di Polres Balangan

"Saat bulan yang penuh keberkahan ini kita saling bersilaturahm, berbagi dan tolong menolong dalam kebaikan dan kepedulian," ujar Suppi.

Suppi mengatakan,  kegiatan sosial semacam ini diharapkan bisa menjadi contoh tauladan bagi pihak lain untuk melakukan kegiatan serupa bagi membantu warga kurang mampu.

Bagi warga yang memiliki kelebihan, tergerak hatinya untuk berbagi atau membantu saudara kita yang kurang mampu.
 
Petugas dari Dinas Kesehatan mengkhitan seorang anak dalam kegiatan Bakti Sosial dalam rangka HKG PKK ke 51 di Kecamatan Sungai Pandan, Selasa (11/4/23). (ANTARA/HO -Diskominfosandi HSU))

Bagi TP PKK kegiatan sunatan massal, pemeriksaan kesehatan dan pemberian  semabko dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 yang sangat tepat dilaksanakan di Bulan Ramadhan jelang Idul Fitri 1444 H untuk membantu masyarakat.

Baca juga: UPZ gelar khitanan massal

Kegiatan bakti sosial ini, kata Suppi juga dilaksanakan di wilayah kabupaten/kota lain dengan sasaran warga kurang mampu.

Dilaporkan Suppi, kegiatan Sunatan Massal untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berjumlah 48 orang anak,  Pengobatan Massal 60 orang dan paket sembako secara simbolis sebanyak 10 orang.

Wakili Ketua bidang IV TP PKK HSU  Santiani Asikin menilai sangat tepat kegiatan bakti sosial dari Dinkes dan PKK Kalsel di Bulan Ramadhan.

"Biasanya jelang lebaran harga sembako merangkak naik, sehingga adanya bantuan ini dirasakan manfaatnya oleh warga kurang mampu khususnya ," kata Santiani.

Mengatasi situasi seperti ini , kata Santiani, salah satu solusi jangka pendek yang bisa dilakukan adalah melalui kegiatan bakti sosial atau menggelar operasi pasar di 'kantong-kantong' kemiskinan.

Ia berharap TP PKK bersama Dinkes Kalsel atau pihak lainnya bisa menetapkan kegiatan semacam ini menjadi agenda setiap tahun di Bulan Suci Ramadhan.

Baca juga: 150 anak di HSS ikuti khitanan massal PKK

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023