Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin H Slamet Begjo memastikan sopir bus menjalani tes kesehatan sebagai syarat utama melayani masyarakat saat arus mudik Lebaran 1444 Hijriah.

“Pengecekan nanti kita akan bekerja sama dengan beberapa dinas terkait, diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin,” kata Slamet di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Dishub Banjarmasin sanksi pengelola parkir di Pasar Lima

Slamet menuturkan kesehatan terhadap sopir bus akan dimulai di beberapa titik terminal dan akan dilakukan pengawasan pihak Dinas Perhubungan.

“Jika hasil tes nanti ketahuan tidak sehat, tidak akan mendapat izin beroperasi, kita suruh ganti dengan supir yang kesehatannya terjamin,” ucapnya.

Slamet menegaskan keselamatan jiwa masyarakat merupakan hal utama saat musim arus mudik Lebaran.

Selain kesehatan sopir, Pemkot Banjarmasin pun memperhatikan uji kelayakan kendaraan secara bertahap.

Slamet mengatakan terkait persiapan Dinas Perhubungan jelang arus mudik nanti, pihaknya selalu berkoordinasi rutin dengan Pemkot dan Polresta sebagai pihak keamanan.

Baca juga: Dishub Kota Banjarmasin tertibkan 24 parkir liar kendaraan

Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin akan menerjunkan personil nya di tiap posko pengamanan selama arus mudik lebaran di tiap titik jalan tertentu.

Terminal dan pelabuhan akan menjadi prioritas pemantauan oleh Dinas Perhubungan.

Pengamanan posko lebaran di Kota Banjarmasin juga melibatkan personil gabungan dari beberapa instansi seperti Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Banjarmasin hingga organisasi siswa Praja Muda Karana (Pramuka).

Baca juga: Parkir kendaraan di Kota Banjarmasin diharapkan lebih tertib

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023