Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengikuti ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana guna menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 pada 2023.
 
Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan diikuti insan pengayoman tersebut berlangsung dengan penuh khidmat di TMP Bumi Kencana, Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Masyarakat borong hasil karya warga binaan Lapas Banjarbaru

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Faisol Ali bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang menjadi Komandan Upacara,
 
Sementara, Perwira Upacara adalah Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kalsel A Tohari.
 
Kegiatan diawali penghormatan kepada pahlawan dipimpin inspektur upacara, kemudian mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di monumen pahlawan serta ditutup dengan pembacaan doa.
 
Faisol Ali mengatakan perjuangan pahlawan harus mampu diteruskan dengan mengedepankan semangat melayani dan mengabdi kepada bangsa dan negara sesuai tugas dan fungsi seluruh insan pengayoman.

Baca juga: Ratusan WBP Lapas Banjarbaru ikuti pesantren Ramadhan
 
"Sebagai anak bangsa yang baik, selalu mencintai dan mengenang pahlawan yang gugur sehingga bisa menginspirasi melanjutkan cita-cita mereka, sejalan tema HBP ke-59, transformasi pemasyarakatan semakin pasti dan berakhlak untuk Indonesia Maju," ujar Faisol.
 
Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang menuturkan kegiatan sebagai bentuk penghormatan yang bertujuan mengingat sejarah, dan mengenang jasa para pahlawan sekaligus menumbuhkan kembali nilai perjuangan.
 
"Nilai-nilai perjuangan para pahlawan senantiasa kita jadikan semangat pantang menyerah, kerja keras, gigih dalam berjuang, serta tanpa pamrih. Semuanya harus bisa diterapkan di setiap langkah kerja seluruh petugas Lapas Banjarbaru," ucapnya.
 
Kegiatan juga dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Sri Yuwono, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Banjar Raya, pejabat administrasi Kanwil, dan pejabat struktural UPT dan paguyuban ibu-ibu kemasyarakatan (PIPAS) Se-Banjar Raya.

Baca juga: Tiga warga binaan Lapas Banjarbaru terima remisi Hari Raya Nyepi

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023