Puluhan warga Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong menyampaikan aspirasi kepada manajemen perusahaan pertambangan batu bara agar bisa memberdayakan tenaga kerja lokal.

Menyusul adanya aktifitas penambangan dan pembuatan jalan angkutan batu bara oleh PT Energi Baru Borneo dan PT Surya Jaya Mataraman di Desa Kaong Kecamatan Upau.

Baca juga: Disnaker Tabalong - Adaro sinergi tingkatkan kompetensi Naker

"Sebelumnya dalam  pertemuan  perwakilan manajemen perusahaan, warga meminta perekrutan  tenaga kerja diprioritaskan bagi warga lokal," jelas Camat Upau Agustian di Tabalong, Kamis.

 Agustian pun berharap aktifitas penambangan batu bara di Kecamatan Upau bisa mendongkrak perekonomian  warga lokal melalui kerjasama usaha lainnya dengan pihak perusahaan seperti pengadaan katering dan penyediaan kebutuhan pangan.

"Banyak hasil pertanian di Kecamatan Upau yang nantinya bisa disuplai untuk kebutuhan perusahaan," tambah Agustian.
Sementara itu dalam pertemuan antara warga dengan perwakilan manajemen PT EBB dan PT SJM di gedung pertemuan Desa Pangelak pihak kecamatan diwakili Sekretaris Camat Upau Novi Hariadi.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kalsel konsultasikan BLK dengan Kementerian Naker

Menurut Novi pihak perusahaan berjanji akan transparan dalam hal perekrutan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan serta mendukung penuh kegiatan kemasyarakatan di Kecamatan Upau.

Pihak perusahaan pun akan memprioritaskan warga enam desa di Kecamatan Upau yang menjadi lokasi pembuatan hauling maupun eksplorasi batu bara oleh kedua perusahaan tersebut.

 "Kita sudah meminta perusahaan agar memprioritaskan warga Kecamatan Upau dalam perekrutan tenaga kerja," jelas Kades Pangelak, Heriyadi.

Menurut perwakilan PT EBB Oscar dan PT SJM, Andi saat ini perusahaan masih tahap pembuatan jalan hauling jadi kegiatan penambangan mau angkutan batu bara belum dilaksanakan.

Pemantauan di jalan hauling yang dibuat PT SJM di Desa Kaong Kecamatan Upau puluhan dump truck pengangkut batubara berukuran besar dengan kondisi baru belum dioperasikan karena belum rampungnya kegiatan pembuatan jalan.

Baca juga: Pemkab buka Program latihan kerja 2022

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023