Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan memaksimalkan program perbaikan jalan lintas kota dan provinsi untuk memperlancar aris mudik Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Petugas Monitoring BPJN Kalsel Harry Indrawan di Banjarmasin, Rabu, menyampaikan perbaikan jalan transportasi darat untuk arus mudik ditargetkan selesai pada H-10 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca juga: Dishub Kalsel survei jalur darat untuk kesiapan angkutan mudik lebaran 2023
 
"Ini sesuai arahan dari Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang RI," ujar Harry.
 
Sesuai arahan tersebut, kata dia, BPJN Kalsel mengawasi langsung ke lapangan dengan tim kesiapan jalur lebaran, yakni Dinas Perhubungan Kalsel, BPTD Wilayah XV dan Dit Lantas Polda Kalsel, serta PT Jasa Raharja.
 
"Memang hasil monitoring kita di lapangan masih banyak ditemukan jalan rusak, terutama lubang pada badan jalan yang harus cepat di lakukan perbaikan," ungkap Harry.
 
Dia pun menyampaikan jalan di kota dan provinsi sudah 90 persen  dalam kondisi baik.
 
"Artinya semua dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, memang sedikit ada rintangan lubang-lubang saja pada sebagian, ini yang cepat kita perbaiki," kata Harry.

Baca juga: Jalan di Sungai Puting selesai diaspal, bisa jadi alternatif jalur mudik Kalsel
 
Dia juga menyampaikan kesiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini dengan membangun sebanyak 11 posko lebaran.
 
Posko lebaran, kata dia, berada di lokasi sepanjang jalan lintas selatan, yakni, Banjarmasin arah Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru menuju Kalimantan Timur.
 
Sedangkan posko lebaran di sepanjang jalan lintas tengah adalah Banjarmasin menuju Banua Anam, yakni, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Balangan.
 
"Kita harap masyarakat memanfaatkan posko lebaran ini sebagai tempat istirahat," tuturnya.

Baca juga: Dirlantas : Tak ada jalur tikus bisa loloskan pemudik

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023