Tim Barito Putera meraih poin penuh usai menggulung tamunya, PSIS Semarang dengan skor 3-0 pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu malam.
 
Barito Putera yang menurunkan skuad andalan mampu melesatkan dua gol pada babak pertama melalui kaki Eksel Timothy Joseph Runtukahu atau Eksel Jr pada menit ke-29 dan Gustavo Tocantins (45+1).

Baca juga: Hasil Liga 1 - Barito Putera dikalahkan Persis Solo lewat drama lima gol
 
Eksel Jr berhasil membuka kran keunggulan timnya setelah memanfaatkan kesalahan pemain pertahanan PSIS Semarang yang gagal menghalau bola hingga jatuh ke kaki pemain Barito tersebut kemudian melakukan tendangan terukur hingga gagal dijinakkan kiper Ray Redondo.
 
Keunggulan 1-0 Tim besutan Rahmad Darmawan kembali bertambah pada akhir babak pertama, yakni lewat kaki Gustavo Tocantins yang memanfaatkan kemelut di depan gawang PSIS Semarang.
 
Gol kedua Barito Putera ini kembali tercipta karena kecerobohan pemain belakang PSIS Semarang hingga Gustavo Tocantins dengan mudah merebut bola dan menggetarkan jala kiper lawan, kini Barito Putera unggul 2-0.

Baca juga: Liga 1- Barito Putera curi tiga poin dari kandang Dewa United
 
Setelah turun minum, PSIS Semarang mencoba melakukan serangan untuk membalas gol, namun pemain belakang Barito Putera cukup sigap menghalau gempuran pemain depan lawan.
 
Petaka terjadi bagi PSIS pada menit ke-85 saat Kapten Tim Barito Putera Rizky Pora mampu menguasai bola usai mendapat umpan lambung jauh. Dengan keahliannya, mantan pemain Timnas Indonesia itu menaklukkan dua pemain, kemudian melakukan tendangan keras di dalam kotak penalti yang tidak dapat dihalau kiper PSIS sehingga skor bertambah menjadi 3-0.

Atas kemenangan timnya ini, Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan mensyukuri kemenangan tersebut tim kesayangan "Bumi Lambung Mangkurat" tersebut.
 
Pria biasa disapa RD itu menyebut kunci sukses anak asuhnya meraih tiga poin karena disiplin dan mampu menjalankan instruksi dengan baik.

Baca juga: Bonek terkesan dengan pelayanan Presisi Polresta Banjarmasin
 
"Hari ini tim kita sudah bermain sangat baik," ujarnya.
 
Sementara itu, Pelatih PSIS Semarang Gilbert Agius minta maaf kepada masyarakat Semarang atas kekalahan ini. 
 
"Pemain sudah berjuang dan saya minta maaf semua ini. Dalam sepakbola terkadang sering melakukan kesalahan sendiri. Namun, tetap mengapresiasi pemain muda yang turun di laga ini," ujarnya.
 
Atas kemenangan ini, Tim Barito Putera merangkak ke posisi 15 dengan 34 poin dari 9 kali menang, 7 kali seri dan 15 kali kalah.
 
Sedangkan PSIS Semarang tetap berada pada posisi 13 dengan 35 poin dari 10 kali menang, 5 kali seri dan 15 kali kalah.

Baca juga: Polda Kalsel fasilitasi kehadiran Bonek hingga berjalan tertib dan kondusif
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang dengan skor 3-0 pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Demang Lehman Martapura Kabupaten Banjar, Kalsel, Minggu (26/3/2023) malam. (ANTARA/Bayu Pratama)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023