Dapur umum Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), telah menyediakan 3.600 nasi bungkus untuk membantu warga yang terdampak banjir berbuka puasa.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Ahad, mengatakan nasi bungkus diambil oleh perwakilan RT di masing masing kelurahan, di empat kelurahan terdampak banjir di Kecamatan Kandangan.

Baca juga: Pemkab HSS usulkan bantuan untuk petani gagal panen ke Pemprov Kalsel

“Sementara untuk desa-desa lainnya yang terdampak banjir, bisa menggunakan anggaran di masing masing desa,” kata Nordiansyah, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, ada empat kelurahan di Kecamatan Kandangan yang terdampak, yakni Kelurahan Kandangan Kota, Kandangan Barat, Kandangan Utara, serta Kelurahan Jambu Hilir.

Di empat kelurahan ini, banyak perumahan warga direndam banjir, sehingga masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas. Bahkan banyak pula warga yang telah dievakuasi relawan gabungan BPBD HSS dan pihak terkait ke daerah lebih tinggi dan aman.

Baca juga: Banjir rendam sejumlah desa di HSS, BPBD dan relawan evakuasi warga

Pihaknya telah mendirikan dapur umum di Markas Taruna Siaga Bencana (Tagana) pada Ahad sejak pukul 15.00 Wita. Dapur umum ini dikhususkan bagi warga terdampak banjir di empat  kelurahan tersebut.

“Pendirian dapur umum ini juga melihat perkembangan kondisi banjir, apabila kondisi banjir bertambah maka tidak menutup kemungkinan dapur umum juga diberlakukan untuk keperluan sahur bagi warga terdampak,” katanya.

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023