Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah mengapresiasi pasar wadai Banjarbaru Ramadhan Festival 2023 menjadi sarana untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kota itu.
 
"Kami apresiasi upaya pemkot yang menjadikan pasar wadai untuk lebih memajukan UMKM sehingga setiap usaha yang dijalankan masyarakat lebih maju dan berkembang," ujarnya di Banjarbaru, Kamis.
 
Pernyataan Ketua DPRD menjawab pasar wadai Banjarbaru yang dibuka Wali Kota M Aditya Mufti Ariffin di Lapangan Dr Murdjani dengan salah satu tujuan menjadi sarana promosi bagi UMKM di kota setempat.
 
Menurut Fadliansyah, momentum pasar wadai yang diberi nama Banjarbaru Ramadhan Festival (BRF) 2023 cukup tepat dijadikan sarana mempromosikan berbagai produk UMKM yang tumbuh di kota itu.
 
"Event BRF ini cukup bagus menjadi sarana promosi berbagai produk UMKM karena setiap pelaku usaha menjual produknya melalui stand yang disiapkan panitia dan tentu menjadi pilihan pengunjung," ujarnya.
 
Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, pasar wadai yang digelar selama bulan Ramadhan menjadi sarana promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Selain menjual makanan maupun minuman untuk berbuka puasa, pasar wadai ini juga menjadi sarana mempromosikan produk UMKM," ujar wali kota saat membuka pasar wadai di Banjarbaru, Kamis.
 
Pembukaan pasar wadai yang diberi nama Banjarbaru Ramadhan Festival (BRF) 2023 dipusatkan di Lapangan Dr Murdjani dihadiri Wakil Wali Kota Wartono, Sekda Said Abdullah, unsur Forkopimda dan undangan lainnya.
 
Menurut Aditya, pihaknya memberi ruang kepada pelaku UMKM untuk menjual produknya di BRF dengan membebaskan biaya sewa stand sebanyak 50 buah dari 232 stand yang disediakan di pasar tersebut.
 
"Pembebasan biaya sewa stand ini sebagai bentuk kepedulian pemkot terhadap UMKM. Diharapkan mereka bisa menampilkan produk, diminati pembeli dan memberi keuntungan bagi pedagang," ucapnya.
 
Wali Kota Aditya berpesan kepada pedagang tidak mematok harga yang tinggi sehingga pembeli bisa membeli makanan, dan minuman maupun produk lainnya yang dijual di pasar khusus bulan Ramadhan itu.
 
"Pedagang jangan mematok harga terlalu tinggi sehingga pembeli lebih banyak datang, dan pedagang makin untung. Juga jaga kebersihan agar nyaman berbelanja dan menarik banyak pengunjung," pesannya.
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023