Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan mengoptimalkan intensitas patroli untuk menjaga kondusivitas selama Ramadhan 1444 Hijriah yang ditetapkan pemerintah dimulai Kamis (22/3).

"Saya sudah perintahkan anggota tingkatkan patroli baik secara terbuka maupun tertutup untuk menekan tindak kejahatan selama Ramadhan," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo di Banjarmasin, Rabu.

Menurut dia, peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat saat Ramadhan perlu didukung situasi keamanan yang kondusif.

Apalagi tindak kejahatan kerap mengintai dari pelaku yang mencoba memanfaatkan ramainya situasi di tengah masyarakat.

"Tuntutan kebutuhan yang meningkat juga mendorong orang berbuat kejahatan seperti tindak pencurian dan sebagainya, ini yang perlu kita waspadai bersama," tegasnya.
 
Polresta Banjarmasin menggelar apel kesiapan pengamanan Ramadhan di Posko Induk depan Duta Mall Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, Kapolresta mewanti-wanti semua pihak untuk sama-sama menjaga dan menghormati kekhusyukan umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan tidak melakukan hal-hal kontraproduktif hingga mengancam gangguan keamanan dan ketertiban.

Dia mencontohkan menyalakan petasan hingga aksi balap liar bakal ditindak tegas agar tak ada ruang bagi aktivitas terlarang tersebut.

"Kami juga tidak menoleransi jika ada pihak yang berbuat onar misalnya bertindak sendiri atas nama kelompok hingga membuat masyarakat merasa tidak nyaman dan terancam," ujar Kapolresta.

Polresta Banjarmasin bersama Kodim 1007/Banjarmasin dan Pemerintah Kota Banjarmasin telah melaksanakan apel kesiapan pengamanan Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023 di Posko Induk depan Duta Mall Banjarmasin sebagai wujud kesiap-siagaan aparat keamanan dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023