Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, H. M Zairullah Azhar intruksikan seluruh kepala desa yang baru dilantik harus mampu membawa perubahan untuk mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik.

"Sebanyak 51 kepala desa yang baru dilantik harus mengerti keluhan masyarakat, memberikan solusi permasalahan desa dan mampu menjadi pamong bagi masyarakat dengan mewujudkan pelayanan yang lebih prima," kata Zairullah di Batulicin Selasa.

Baca juga: DPRD Kalsel tak setuju masa jabatan Kades jadi sembilan tahun

Dia mengatakan, setiap hari dan setiap waktu, kepal desa pasti berhadapan langsung dengan warganya. Sehingga kepal desa akan lebih mengerti apa yang diharapkan masyarakat.

Untuk menigkatkan pelayanan tingkat desa, Zairullah Azhar juga merencanakan akan menaikkan gaji kepala desa di "Bumi Bersujud" mencapai Rp7 juta/bulan.

"Hal ini dilakukan agar kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan pemerintahan desa terus meningkat. Artinya kepala desa dapat fokus dalam memberikan pelayanan pemerintah tingkat desa tanpa harus mencari pekerjaan sampingan dengan alasan gajinya tidak cukup," ujarnya.

Baca juga: STIA Amuntai undang kades penempatan PKL

Dijelaskan Bupati, saat ini gaji beserta tunjangan yang diterima oleh kepala desa sebesar Rp6 juta dengan rincian gaji pokok Rp3,5 juta/ bulan dan tunjangan kerja sebesar Rp2,5 juta/bulan.

Nantinya, gaji pokok tersebut akan ditambah sebesar Rp1 juta, sehingga gaji dan tunjangan yang diterima oleh kepala desa mencapai Rp7 juta/bulan.

Rencana kenaikan gaji tersebut akan dituangkan pada alokasi dana desa (ADD) melalui perubahan APBD 2023.

Baca juga: Bupati Tanah Bumbu perintahkan kades segara update data kemiskinan

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023