Direktur Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Dit Pamobvit) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kombes Polisi Zulkifli menyerahkan tiga unit traktor saat peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun 2023, PT Antang Gunung Meratus(AGM).

Ia mengatakan, Dit Pamobvit Polda Kalsel sebagai partnership dalam pengamanan PT AGM, dalam kegiatan ini juga berkesempatan menyerahkan bantuan yang diterima Kepala Desa Ida Manggala, Makmur.

"Bantuan ini diperuntukkan bagi Pemerintah Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan (HSS), semoga bermanfaat untuk petani di desa yang berada di ring 1 PT. AGM tersebut," katanya dalam keterangan, di Desa Puncak Harapan, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Senin.

Baca juga: TNI-PT AGM turun tangan tekan angka stunting di Tapin

Selain itu, terkait kemitraan pihaknya dengan PT AGM, Polda Kalsel dalam hal ini Dit Pamobvit Polda Kalsel telah melakukan kerjasama, berupa MoU pengamanan dengan PT AGM yang sudah berjalan tiga tahun.

PT AGM sebagai  objek vital nasional bidang pertambangan yang memberi pendapatan negara, maka wajib  dijaga dari kegiatan tambang ilegal, seperti tambang liar yang merusak lingkungan dengan tidak adanya reklamasi sesudah melakukan aktifitas pertambangan.

"Kita dari Polda Kalsel berkomitmen sesuai arahan Bapak Kapolda Kalsel, bahwa tidak ada tambang ilegal di wilayahnya," katanya.

Baca juga: Tim gabungan patroli kawasan hutan di konsesi PKP2B PT AGM

Kepala Desa Ida Manggala, Makmur, mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah desa mengucapkan terima kasih, atas bantuan yang diberikan.

"Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat, dan akan digunakan untuk kegiatan pertanian di desa kami," katanya.

Diketahui, penyerahan bantuan ini dilakukan dalam kegiatan peringatan Hari Rimbawan dan Hari Desa Asri tahun 2023 PT AGM, ditandai dengan penanaman pohon yang dilakukan Komisaris PT AGM, Jendral Polisi (Purn) Badrodin Haiti.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023