Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau langsung harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Tabalong, Kalimantan Selatan.

Presiden Jokowi didamping Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat terkait saat mengecek harga kebutuhan pokok tersebut.

"Kita cek harga-harga. Saya kira kondisinya semua baik tadi, cabai (harganya) baik, bawang merah (harganya) baik, kita lihat semuanya harganya baik menjelang Ramadhan," kata Presiden Jokowi di Pasar Rakyat Tabalong, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat.

Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke Tabalong

Sementera itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyebutkan kehadiran Prabowo Subianto karena diundang panitia ke acara tersebut.

Terkait kunjungan ke daerah yang berbetasan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur itu, Presiden Jokowi memberi kesan warga Tabalong cukup ramah.

"He he he, ya masyarakatnya ramah-ramah, kotanya juga sebagai sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan juga baik," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden mengharapkan perekonomian dan pembangunan infrastruktur Kabupaten Tabalong lebih maju seiring dengan perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Saat Istghosah dan Doa Bersama, Jokowi mengajak warga Tabalong mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara karena sebagai pintu gerbang pembangunan di Kalimantan.

"Nanti kalau sudah (pindah ibu kota), ya kita harapkan kalau sudah IKN selesai bisa menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar IKN, termasuk di Tabalong kita harapkan ya," ungkap Jokowi.

Saat Istighosah, Presiden pun sempat membagikan tiga unit sepeda kepada warga Tabalong yang mampu menjawab pertanyaan terkait IKN.

Baca juga: Jokowi kaget dengar pertumbuhan ekonomi Banjarbaru tertinggi di Kalsel

Jokowi menyebutkan pembangunan IKN merupakan upaya pemerataan agar perekonomian tidak hanya bersifat Jawa sentris, namun berubah menjadi Indonesia sentris.

Usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Tabalong, Presiden Jokowi meninjau sekaligus meresmikan Jalan Nan Serunai, Kabupaten Tabalong.

Setelah selesai rangkaian agenda di Tabalong, Presiden dan rombongan kembali ke Kota Banjarbaru dengan menumpang Pesawat ATR Pelita Air melalui Bandar Udara Warukin.

Di Kota Banjarbaru, mantan Wali Kota Solo itu terlebih dahulu menunaikan Shalat Jumat di Masjid Agung Al Munawarrah, Kota Banjarbaru, kemudian meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula, Kota Banjarbaru.

Diagendakan, Presiden Jokowi dan rombongan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Jumat sore melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru.

Diketahui, Presiden Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarbaru di Provinsi Kalimantan Selatan pada 16-17 Maret 2023.

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Kodim 1002/HST bantu pengamanan

Pewarta: Desca Lidya Natalia dan Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023