Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, rencananya mendapatkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Kementerian Sosial guna meningkatkan pendapatan masyarakat miskin.


Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Yuhani di Tanjung, Kamis mengatakan, bantuan Kelompok Usaha Bersama bagi penerima Program Keluarga Harapan tahun ini sebanyak 50 kelompok.

"Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan tambahan dari Kementerian Sosial berupa permodalan bagi 50 Kelompok Usaha Bersama yang menjadi sasaran PKH," jelas Yuhani.

Yuhani menambahkan sebelumnya Kabuaten Tabalong telah mendapat bantuan 30 KUBE bagi masyarakat pedesaan dari Kementerian Sosial yang diprioritaskan bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kecamatan Bintang Ara dan Muara Uya.

"Untuk KUBE pedesaan tiap kelompok mendapatkan bantuan permodalan sebesar Rp20 juta dan sekarang dapat bantuan yang sama bagi penerima PKH," kata Yuhani.

Sementara itu Program Keluarga Harapan di Tabalong tahun ini yang bersumber dari dana APBN diberikan kepada tujuh kecamatan dan tiga kecamatan didanai melalui APBD kabupaten.

Masing-masing Kecamatan Pugaan, Banua Lawas, Kelua, Tanta, Tanjung, Jaro dan Muara Uya.

Termasuk tiga kecamatan tambahan yakni Murung Pudak, Bintang Ara dan Haruai yang menggunakan dana sharing dari APBD kabupaten 2016.

"Pemerintah daerah telah mengalokasikan Rp719 juta untuk mendukung program Keluarga Harapan di Kabupaten Tabalong dan awal Ramadhan nanti akan kita realisasikan bantuan PKH tahap kelima," jelas Yuhani.

Sedangkan bantuan PKH tahap kelima diberikan pada pertengahan bulan puasa dan menjelang lebaran realisasi tahap keenam.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016