Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ibnu Sina menjadi salah satu delegasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang melakukan kunjungan ke Swiss dan Prancis.
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika di Banjarmasin, Senin, menyampaikan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina termasuk 20 wali kota se-Indonesia yang diundang jadi delegasi ke Swiss dan Prancis sejak 12 Maret 2023.

Baca juga: Sembilan wali kota se-Kalimantan hadiri Rakerwil APEKSI di Banjarmasin
 
Dalam kegiatan itu, Ibnu Sina berfokus dalam pengelolaan industri kreatif dan pengembangan "smart city" atau program kota pintar secara global.
 
Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyuarakan, mempromosikan dan sekaligus melakukan kerja sama antara sejumlah kota di Indonesia dengan kota di Eropa.
 
Salah satu agenda yang dibahas adalah rapat tentang hak kekayaan intelektual dan pembangunan berbasis smart city.
 
Para delegasi APEKSI melakukan rapat dengan United Nation dan sejumlah lembaga berkaitan dengan hak kekayaan intelektual, yaitu "World Intellectual Property Organization" (WIPO).
 
Serta "International Telecommunication Union" (ITU) yang berfokus membantu sejumlah kota menerapkan smart city.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin bicara kemasan ramah lingkungan di APEKSI
 
Kegiatan itu juga diisi dengan presentasi potensi dari daerah sebagai upaya dan komitmen pemerintah kota dalam perluasan dan pengembangan ekonomi kreatif dan smart city di daerahnya masing-masing.
 
"Kegiatan ini sangat penting bagi Pemerintah Kota Banjarmasin sebagai bentuk komitmen terhadap misi pertama yakni meningkatkan daya saing usaha ekonomi lokal, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digital serta penguatan industri dan sarana distribusi perdagangan," ujar Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina melalui keterangan tertulis di Banjarmasin pada Minggu (12/3).
 
Selain itu, Ibnu Sina juga menyebutkan selaras dengan misi ke-6 Pemkot Banjarmasin, yaitu, pelayanan publik berbasis smart city.
 
"Di Paris para delegasi wali kota ini melakukan audiensi dengan Wali Kota Paris 1 dan Wali Kota Paris 6," tutur Ibnu Sina.

Baca juga: Wali Kota Ibnu Sina jadi Wakil Ketua APEKSI periode 2021--2024

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023