Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru Kalimantan Selatan, memberikan 1000 bibit cabai ke kecamatan melalui program bantuan benih cabai guna mengatasi 
inflasi di sektor hortikultura,

" Untuk mengurangi dampak inflasi jangka panjang kita berikan bibit cabai ke setiap kecamatan," Kata Kabid tanaman pangan dan Hortikultura Eddy Rahmadi di Kotabaru, Rabu.

Menurut dia, pembagian bibit cabe merupakan salah satu upaya yang di lakukan untuk menekan inflasi jangka panjang khususnya di bidang Hortikultura yang akan memenuhi kebutuhan bagi warga yang terdampak secara langsung.

" kita bekerja sama dengan PKK dalam hal penyaluran nya di serahkan secara simbolis oleh ketua tim penggerak PKK kabupaten," Katanya.

Selain itu, lanjut Eddy, kami juga mendorong di setiap desa melalui program padat karya tunai desa ( PKTD ) sebagai pendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa, yang bersifat produktif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk di tanami tanaman cabai.

" Kami juga akan membantu dalam hal pengawasan melalui penyuluh pertanian dan pengamat hama ( POPT )," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya penyamaan program dengan program desa dalam hal perkebunan khususnya tanaman cabai, pihaknya akan membantu para petani melalui petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan ( POPT ) untuk memberikan bimbingan tata cara sistem menanam cabai hingga panen.

" kelompok yang sudah menjalankan programnya di kecamatan Pulau Laut Barat,Pulau Laut Selatan," pungkas nya.
sebagian bibit cabai dalam penyemaian yang sudah di distribusikan ke kecamatan penerima program bantuan benih cabai beberapa waktu lalu (ANTARA/HO-Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kotabaru)

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023