Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Asisten Administrasi Umum, Iwan Friady membuka kegiatan pelatihan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Ia mengingatkan, hakikat seorang ASN itu harus dekat dengan masyarakat dan jangan ada jarak. Hal tersebut menjadi penting untuk memastikan ASN tersebut tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Jadilah kalian ASN yang tidak sekadar melaksanakan tugas, tetapi juga media yang bisa mencari informasi dari masyarakat, tahu apa yang dibutuhkan masyarakat," katanya dalam arahan di Gedung 2 BKPSDM, Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Senin.

Baca juga: 212 pejabat Pemkab HSS dilantik

Dia mendorong agar para ASN memulai sekarang sebagai pelayanan masyarakat, dengan niat bila melayani masyarakat, sehingga masyarakat merasa senang.

Berbagai regulasi telah dilakukan pemerintah bahwa ASN adalah pelayan masyarakat, bukan dilayani masyarakat. ASN dapat melayani masyarakat kalau mengerti dahulu apa tugas pokok, barulah bisa melaksanakan pelayanan. 

Selain itu, setelah kegiatan selesai tugas para peserta menjadi media menyampaikan materi-materi yang didapat saat pelatihan kepada rekan-rekan satu lingkungan kerja, sehingga semua ASN di lingkup Pemkab HSS dapat menjadi pelayan publik yang baik.

Baca juga: Pemkab HSS raih penghargaan BKN Award 2022

Sebelumnya, Kepala BKPSDM HSS H. Zulkifli, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dua angkatan, dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang. Peserta merupakan perwakilan dari perangkat daerah di lingkup Pemkab HSS.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat diharapkan akan menyampaikan kembali kepada ASN yang ada di perangkat daerah atau unit kerjanya masing-masing," katanya.

Ditambahkan dia, untuk narasumber pada pelatihan tersebut di antaranya BPSDM Provinsi Kalsel, BKPSDM HSS dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023