PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin terlibat dalam menjaga perekonomian di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, agar tetap stabil dengan membuka layanan penumpang kapal Tujuan Batulicin-Makassar pulang pergi (PP) sejak 22 Februari 2023.

"Rata-rata penumpang asal Makassar Tujuan Batulicin adalah angkutan yang membawa sembako seperti beras, bawang merah, sapi dan kebutuhan bahan pokok lainnya yang dibawa ke Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya melalui Pelabuhan Samudera Batulicin," kata Kepala PT DLU Cabang Batulicin, Jamirin di Batulicin Kamis.

Artinya dengan dibukanya layanan pada rute tersebut ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Tanah Bumbu semakin tercukupi dan stabil.

Dia mengatakan, tujuan penumpang kapal pada rute tersebut di layani KMP Dharma Feri III dengan kapasitas mencapai 600 penumpang dan 25 kendaraan roda empat atau roda enam. Saat ini jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai 40 persen dari kapasitas kapal.

Untuk sementara waktu, pihak manajemen menerapkan jadwal pelayaran pada rute tersebut sebanyak satu kali keberangkatan dalam satu pekan. Nanti pada awal April 2023 akan ditambah trip pelayaran menjadi tiga kali dalam satu pekan.
"KMP Dharma Feri III selain melayani penumpang rute Batulicin-Makassar dan sebaliknya, kapal tersebut juga diperbantukan untuk melayani penumpang tujuan Makassar-Bau-Bau dan Selayar," ujarnya.

Pasalnya kapal Dharma Kartika III yang melayani penumpang tujuan Makassar-Bau-Bau dan Selayar sedang menjalani proses docking atau perbaikan rutin.

"Insya Allah awal April 2023 kapal tersebut sudah rampung docking, sehingga Kapal Dharma Feri III dapat melayani penumpang tujuan Batulicin-Makasar tiga kali keberangkatan dalam satu minggu," katanya.

Dalam waktu dekat DLU juga merencanakan membuka layanan angkutan lebaran 1444 Hijriah/2023. Dan DLU juga merencanakan membuka layanan penumpang kapal tujuan Pelabuhan Batulicin-Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur.

"Namun rencana itu masih dalam proses tahap pembahasan oleh pihak manajemen, kapal jenis apa yang akan dioperasi pada rute tersebut, Insya Allah akan segera terealisasi," jelas Jamirin

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023