Kautsar Fadhlurrahman dan Maulidiya Ananda terpilih menjadi pasangan Duta Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Efran di Kandangan, Minggu, mengatakan pemilihan Duta Pariwisata tersebut sudah dua kali digelar di HSS dengan tujuan untuk menyiapkan potensi generasi muda sebagai penggerak pariwisata.

Baca juga: Duta pariwisata HSS kembangkan inovasi barcode info wisata

"Di mana pemenang grand final nantinya akan mewakili kita dari HSS ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang rencananya akan digelar pada Maret 2023 mendatang," kata Efran melalui keterangan tertulis di Kandangan, Minggu.

Malam Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata HSS 2023 diselenggarakan di Gedung Bela Diri Komplek Stadion 2 Desember, Jalan Stadion Ganda, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung pemasaran pariwisata Kabupaten HSS, untuk mempromosikan berbagai macam wisata yang ada di "Bumi Rakat Mufakat".

"Kita harapkan duta pariwisata merupakan sosok yang peduli dengan kemajuan pariwisata, dan mempunyai komitmen dalam memperkenalkan produk kreatif khas daerah," ujar Efran.

Sebanyak 12 peserta finalis yang terdiri dari enam orang finalis Duta Pariwisata Putra dan enam finalis Duta Pariwisata Putri bersaing malam grand final tersebut.

Baca juga: Disporapar HSS prediksi wisata Nataru di Loksado capai 12 hingga 15 ribu pengunjung

Para peserta diberikan kesempatan untuk menjawab singkat beberapa pertanyaan dari para juri yang sudah dipilih secara acak.

Setelah melewati proses seleksi, para juri dan perwakilan dari tim panitia memilih pemenang Duta Pariwisata HSS 2023, yakni Putra Pariwisata, Kautsar Fadhlurrahman dan Putri Pariwisata HSS Maulidiya Ananda.

Selanjutnya, M Nabiel Syarafy (Runner Up I Putra), Lutfiah Khatimah (Runner Up I Putri), Mahmudin (Runner Up II Putra), Fatimah Az-Zahra Atsil (Runner Up II Putri), M Fadliansyah (Runner Up III Putra).

Kemudian, Agni Natasya Nur Kamila NAfisa (Runner Up III Putri), M Joanda Fahreza (Runner Up IV Putra), Aulia Sari (Runner Up IV Putri), M Hasliyanor (Runner Up V Putra), Syapana (Runner Up V Putri), Mahmudin (Putra Favorit) dan terakhir Fatimah Az-Zahra (Putri Favorit).

Baca juga: Miftah Farid dan Rinanda Salsabila menangi grand final duta pariwisata HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023