Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) HSS melaksanakan grand final pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten HSS tahun 2022, di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aluh Idut Kandangan.

Dalam gelaran grand final tersebut, Muhammad Miftah Farid dan Rinanda Salsabila tampil sebagai juara duta pariwisata dalam kompetisi yang diikuti 12 orang peserta, terdiri dari enam orang finalis putra, dan enam finalis putri.

"Event ini menjadi pertama digelar di Kabupaten HSS, dengan tujuan untuk menyiapkan potensi generasi muda sebagai penggerak pariwisata," kata Kepala Disporapar HSS, Efran, Sabtu (27/3) malam.

Dijelaskan dia, kegiatan ini mengangkat tema "When Nature Meets Culture", dan di mana pemenang di malam grand final akan mewakili Kabupaten HSS ke tingkat provinsi.

Baca juga: 127 orang kontingen KORMI HSS dilepas ikuti ajang FORDA Kalsel

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda HSS, H. MK. Saputra, mengatakan mengapresiasi terlaksanaya kegiatan grand final pemilihan duta pariwisata HSS ini.

Diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan duta pariwisata yang mampu mempromosikan dan meningkatkan geliat pariwisata yang ada di daerah.

Terlebih dikatakannya pandemi COVID-19 telah memberikan dampak pada sektor ekonomi pariwisata, maka harus dilakukan penyesuaian agar pariwisata tetap dapat berjalan guna menunjang perekonomian masyarakat.

"Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, laksanakan kepercayaan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Menurut dia, posisi duta pariwisata agar dijadikan sebagai upaya memperkenalkan potensi wisata dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten HSS.

Pada kegiatan ini para peserta diberikan kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan, yang sudah dipilih secara acak dalam waktu singkat kepada para Juri.

Adapun juri yang menilai diantaranya, Moh. Zakir Maulidi, Kabid Pariwisata Disporapar Kab. HSS, Salapudin, Sub Koordinator Pemasaran Pariwisata Disporapar HSS, Yuliana, penulis buku).

Baca juga: IPOTA Orari Lokal HSS di Taman Palindangan Sehati promosikan wisata banua

Selanjutnya, Alpian Noor, Nanang HSS 2008, Finalis Nanang Galuh Kalsel 2009, Wakil 2 Duta Sasirangan Kalsel 2009, Duta Pemuda Indonesia Asean Kalsel 2012), dan Rinawati, Putri Pariwisata Kalsel 2018, Putri Pariwisata Tabalong 2018, serta Duta Lalu Lintas Polda Kalsel 2020.

Setelah melewati proses seleksi yang cukup sulit, para juri dan perwakilan dari tim panitia akhirnya memutuskan pemenang Duta Pariwisata HSS Tahun 2022, yakni Putra Pariwisata HSS, Muhammad Miftah Farid, Putri Pariwisata HSS, Rinanda Salsabila.

Runner Up I Putra, Muhammad Nur Fathan, Runner Up I Putri, Sita Rizky Nurhidayah, Runner Up II Putra, Muhammad Bahrudin Yusuf, Runner Up II Putri, Andrea Zahra, Runner Up III Putra, Muhammad Ikhsan Fahruraji, Runner Up III Putri, Jessika Tansri Elvinda.

Selanjutnya, Runner Up IV Putra, Muhammad Avif Ramadhan, Runner Up IV Putri, Chyntia Bella, Runner Up V Putra, Isnan, Runner Up V Putri, Zahra Sayyidati Yasminusyifa, Putra Favorit, Muhammad Ikhsan Fahruraji dan Putri Favorit, Jessika Tansri Elvinda.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022