Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat terjadi pada Minggu hari ini di 12 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
BMKG menyampaikan informasi prakiraan berbasis dampak wilayah Kalimantan Selatan untuk 26 Februari 2023 berlaku mulai pukul 08.00 WITA untuk wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat, terkecuali di Hulu Sungai Tengah (HST).
 
Sementara itu, di Kota Banjarmasin diprediksi terjadi hujan lebat di seluruh kecamatan, sedangkan di Kota Banjarbaru terjadi di Kecamatan Liang Anggang, Landasan Ulin, Cempaka, Banjarbaru Utara, Banjarbaru Selatan.
 
Sementara itu, di Kabupaten Barito Kuala prakiraan hujan lebat terjadi di Kecamatan Anjir Muara, Mekar Sari, Tamban, Tabunganen, Alalak dan Mandastana
 
Untuk di Kabupaten Banjar, BMKG memprakirakan hujan lebat terjadi di wilayah Kecamatan Aluh - Aluh, Tatah Makmur, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Gambut, Martapura Barat, Martapura, Martapura Timur, Karang Intan dan Beruntung Baru.
 
Selanjutnya di Kabupaten Tanah Laut, BMKG memprakirakan hujan lebat terjadi di wilayah Kecamatan Bati-Bati, Tambang Ulang, Bajuin, Pelaihari, Bumi Makmur, Kurau, Takisung, Panyipatan, Batu Ampar dan Jorong.
 
Beralih ke daerah Banua enam, yakni, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, BMKG memprakirakan hujan lebat terjadi di wilayah Kecamatan Kalumpang, Simpur, Kandangan, Sungai Raya dan Padang Batung.
 
Untuk Kabupaten Tapin terjadi di wilayah Kecamatan Lokpaikat, Piani, Tapin Utara, Bakarangan, Tapin Tengah, Candi Laras Selatan, Tapin Selatan, Salam Babaris dan Bungur.
 
Sementara itu di Kabupaten Hulu Sungai Utara terjadi di wilayah Kecamatan Amuntai Selatan, Haur Gading, Amuntai Utara, Banjang dan Amuntai Tengah.
 
Kabupaten Tabalong terjadi di wilayah Kecamatan Banua Lawas, Kelua, Pugaan, Tanta, Muara Harus, Tanjung dan Murung Pudak
 
Kemudian di Kabupaten Balangan terjadi di wilayah Kecamatan Lampihong, Batu Mandi, Paringin Selatan dan Paringin.
 
Adapun di wilayah pesisir, BMKG memprakirakan hujan lebat di Kabupaten Tanah Bumbu terjadi di wilayah Kecamatan Karang Bintang, Batu Licin, Simpang Empat dan Mantewe.
 
Terakhir di Kabupaten Kotabaru terjadi di wilayah Kecamatan Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Pulau Laut Timur dan Pulau Laut Tengah.
 
BMKG juga memberikan perhatian untuk gelombang tinggi di wilayah laut Kalimantan Selatan mencapai 3,5 meter.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023