Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSU melaksanakan pemilihan  Putra Putri Pariwisata 2023.

Melalui rilis yang diterima Minggu, Muhammad Naufa dan Aidha Elma Syarifah akhirnya terpilih menjadi Putra dan Putri Pariwisata pada malam grand final yang dilaksanakan di Aula DR KH Idham Chalid di Amuntai, Sabtu malam.

"Kegiatan ini untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi generasi muda dalam  mengembangkan minat dan bakat serta berperan dalam pembangunan," ujar Plt Kepala Dispopar HSU Asikin Noor atas nama Penjabat Bupati.

Membangun generasi muda, lanjut Asikin, harus terus dilakukan dengan penuh keseriusan mengingat tantangan dan kondisi zaman yang mereka hadapi semakin ketat.

Generasi muda harus diarahkan dan  dibina  kearah yang bernilai positif, konstruktif serta bebas dari prilaku menyimpang.

"Perlu terus dibangun generasi muda yang berkarakter, bekualitas, handal, kreatif dan inovatif," kata Asikin.

Melalui kegiatan ini , kata Asikin, sebagai wahana pembelajaran maupun pembinaan generasi muda dalam rangka menumbuh kembangkan kepribadian yang cerdas, sehat, meningkatkan wawasan serta rasa cinta budaya daerah sendiri.
 
Grand Final Pemilihan Putra-Putri Pariwisata HSU 2023 di Aula DR KH Idham Chalid Amuntai, Sabtu (18/2/23). (ANTARA/HO -Diskominfosandi HSU))

Lagi pula, kata Asikin, upaya membangun generasi muda yang berkualitas adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat tidak hanya pemerintah, semua pihak bisa berperan didalamny Karen merek merupakan estafet pembangunan bangsa dan negara kedepan.

Pemilihan putra-putri pariwisata diikuti sebanyak 14 peserta yang terdiri dari 7 putra dan 7 putri yang sebelumnya telah melewati berbagai tahapan seleksi hingga memasuki babak grand final.

Aspek yang dinilai tidak hanya penampilan dari segi fisik tetapi juga tingkat intelegensi, wawasan pengetahuan umum dan daerah, keterampilan, kecerdasan emosional dan spiritualnya, karena mereka akan menjadi ikon pemuda pemudi HSU sebagai tolak ukur remaja ideal.

Juri yang menilai adalah Ketua Umum Pawadahan Nanang Galuh HSU, dan  Putra - Pariwisata Kalsel 2022  Abdul Azis dan Galuh Kalsel 2017 Hepda.

Muhammad Naufa dan Aidha Elma Syarifah akhirnya terpilih menjadi Putra dan Putri Pariwisata karena tampil memukau saat  menjawab pertanyaan terkait pariwisata di HSU 

Adapun Untuk Runner Up pertama ditempati Muhammad Madani dan Nada Kamilah, Runner Up kedua oleh pasangan  Ibnu Malkhan dan Shalma Fadhilla.

Sedangkan  ketagori favorit ditempati Muhammad Bayu Rezki dan Yulia serta Kategori Persahabatan ditempati Muhammad Ependi dan Nursyifa.

Kemudian pada kategori berbakat ditempati Muhammad Ikbal dan Dini Riyanti Amalia, dan kategori photogenic ditempati Muhammad Rizkiya Maula dan Salma Amelia.

Putra Pariwisata HSU terpilih Muhammad Naufa berjanji akan lebij mempromosikan wisata-wisata yang masih minim diketahui masyarakat.

"Jika ada pariwasata yang masih kurang peminatnya maka akan kita kembangkan lagi, salah satunya dengan memanfaatkan jejaring media sosial untuk mensosialisasikan maupun mempromosikan wisata-wisata di HSU," ungkap Naufa.

Senada, Putri Pariwisata HSU terpilih, Aidha Elma Syarifah dengan latar belakang pendidik dibidang seni budaya, dirinya akan mengajak pemudi-pemudi lebih mendalami seni budaya, mengembangkan distenasi wisata hingga mempromosikan wisata HSU.

"Jika pariwisata berkembang harapannya tentu akan berdampak meningkatnya perekonomian,  masyarakat dan pembangunan di daerah,"pungkas Aidha.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023