Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry membuka TMMD tahun 2016 pada periode pertama untuk wilayah Kalimantan Selatan di laksanakan di dua tempat yaitu, Kodim 1003/Kandangan dan Kodim 1005/Marabahan  di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten HSS, Kasrem 101/Antasari, Letkol Inf Waston Purba, para Komandan Satuan TNI-Polri dan kepala SKPD Kabupaten HSS tokoh masyarakat.


Sasaran TMMD di Desa Halunuk Kecamatan Loksado Kabupaten HSS dengan pekerjaan sasaran fisik yang diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat yakni pembuatan badan jalan sekaligus pengerasan dengan pasir dan batu serta pembuatan parit kanan/kiri jalan sepanjang 1.900 m, lebar 4 s/d 5 m dan tebal 0,5 m yang menghubungkan Desa Halunuk ke Kampung Ayan Kecamatan Loksado.
 
Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan antara lain tentang pentingnya Kesehatan, KB, bahaya narkoba dan penyuluhan bidang pertanian serta bidang pertahanan. Sasaran tambahan adalah renovasi Mushala Al Hikmah di Desa Halunuk, Mushala Darul Iman di Kampung Ayan yang melibatkan 150 orang terdiri atas gabungan TNI-Polri, Pemda, Ormas dan masyarakat. 

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P dalam sambutan dibacakan Bupati HSS diantaranya mengatakan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menciptakan kondisi sosial masyarakat yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai hakekat ancaman.

Semua bentuk kegiatan tersebut sejalan dengan tema TMMD Ke-96 kali ini, yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

Menurut Pangdam VI/Mlw. TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari itu, dalam rangka mendorong terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat, maka selama kegiatan TMMD para prajurit yang terlibat dalam kegiatan, akan tinggal di rumah-rumah penduduk setempat, sehingga para prajurit dapat menyelami kehidupan setiap penduduk dan menikmati kebersamaan, dengan ikut merasakan suka duka sebagai layaknya sebuah keluarga, sehingga pada akhirnya akan terjalin hubungan kekeluargaan yang sesungguhnya.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan penandatangan kontrak kerja antara Bupati HSS dan Dandim 1003/Kdg, penyerahan bantuan alat kerja secara simbolis berupa cangkul, skop serta bantuan sembako kepada warga desa Halunuk dan selanjutnya rombongan tamu dan undangan melaksanakan peninjauan di sasaran TMMD yang dipimpin oleh Kasrem 101/Antasari Letkol Inf Waston Purba.

Pewarta: Asmuni K

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016