Bupati Balangan Abdul Hadi mengapresiasi sejumlah inovasi yang diluncurkan pada hari ulang tahun (HUT) ke-14 RSUD Kabupaten Balangan oleh Direktur RSUD Balangan drg. Sudirman di antaranya adalah Menyapa Ramah (Melayani Pasien Rawat Inap Pulang ke Rumah).

"Tentunya kami sangat mengapresiasi sejumlah inovasi yang diluncurkan oleh pihak rumah sakit ini, karena saya rasa sangat membantu mempermudah pelayanan kepada para pasien," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Selasa.

Abdul Hadi menilai, pelayanan di RSUD maupun puskesmas saat ini sudah sangat bagus dibuktikan dengan minat warga yang berobat di Rumah Sakit Balangan.

Menurut bupati, hal tersebut dibuktikan dengan parkiran yang semakin penuh diisi oleh pasien, karena sebelumnya tidak pernah parkiran sampai ke luar parkiran rumah sakit ini.

"Alhamdulillah sebelumnya kebanyakan warga kita berobat ke luar Balangan, saat ini minat warga berobat sudah tinggi ke RSUD kita," ujar bupati.

Direktur RSUD Balangan drg. Sudirman menuturkan pada HUT kali ini pihaknya meluncurkan sejumlah inovasi, yaitu Menyapa Ramah, Batakun Habar, Berjabat Tangan dan Si Dirman.

Sudirman menjelaskan, inovasi pertama adalah Menyapa Ramah (Melayani Pasien Rawat Inap Pulang ke Rumah) yaitu pelayanan yang diberikan oleh RSUD Balangan kepada pasien rawat inap yang telah diperbolehkan pulang oleh dokter penanggung jawab pasien, dengan difasilitasi diantar pulang ke rumah tanpa biaya.

Selanjutnya inovasi Berjabat Tangan (Berjalan-jalan Pengantaran Obat ke Pelanggan) adalah pelayanan pengantaran obat pasien rawat jalan sampai rumah dengan kriteria pasien poli penyakit dalam, pasien syaraf, lansia lebih dari 60 tahun, pasien kronis lebih dari dua kunjungan dan disabilitas.

Kemudian inovasi Batakun Habar adalah kegiatan pelayanan dalam hal komunikasi dan konsultasi pada pasien setelah mendapatkan pelayanan rawat inap di RSUD Balangan dengan tujuan dapat memantau kondisi pasien, mengingatkan jadwal kontrol dan memberikan edukasi pada pasien atau keluarga terkait kedisiplinan terapi obat.

Serta yang terakhir adalah Si Dirman, yaitu Sistem Informasi dan Registrasi Mandiri dengan langsung melakukan scan barcode melalui smartphone khusus untuk pasien umum saat ingin melakukan pendaftaran pelayanan.

"Selain empat inovasi tersebut, kami juga launching mars RSUD Balangan yang selama ini belum ada dan masterplan pembangunan RSUD Balangan ke depan," terang Sudirman.

Terakhir dia berharap, dengan launching-nya masterplan dan empat inovasi tersebut dapat menjadi titik kuat bersama-sama untuk rumah sakit dan pemda dalam mewujudkan rumah sakit yang hebat di masa depan.

 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023