Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry meminta para pengusaha dan pelaku ekonomi lainnya mendukung pelaksanaan sensus ekonomi dengan memberikan data secara jujur dan terbuka.

Menurut Bupati di Kandangan Jumat, Sensus Ekonomi 2016 bagi pelaku usaha, instansi pemerintah, akademisi, perbankan, dan masyarakat dunia usaha pada bulan Mei.

Bupati mengatakan bahwa hasil sensus ekonomi dapat menjadi landasan untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan.

Apalagi, pendataan sensus ekonomi mencakup relatif banyak aspek strategis ekonomi yang dilakukan 10 tahun sekali kecuali bidang pertanian.

Hasil sensus, menurut dia, banyak mendatangkan manfaat baik bagi pemerintah kabupaten, juga pelaku usaha untuk mendapatkan gambaran peluang usaha dan daya saing usaha serta bermanfaat luas bagi masyarakat.

Hasil sensus, kata dia, akan sangat berpengaruh pada kebijakan pemerintah pusat dalam kebijakan nasional bidang ekonomi.

Kegiatan sosialisasi terkait dengan kegiatan tersebut diharapkan terus dapat digalakkan agar didapat pemahaman yang sama penting dan manfaatnya sensus ekonomi dan pengusaha tidak takut memberikan informasi dan data yang faktual karena sensus tidak ada kaitannya dengan pajak.

Panitia pelaksana sekaligus Kasubbag TU BPS HSS Muhammad Husni mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang dalam tahap melakukan sosialisasi kepada pengusaha atau pelaku usaha, kepala instansi pemerintah yang akan terlibat secara langsung dalam sensus ekonomi.

Menurut dia, sensus ekonomi sangat penting untuk mendapatkan informasi faktual sebagai bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan dank kemajuan daerah.

"Melalui sosialisasi diharapkan masyarakat ikut aktif menyukseskan Sensus Ekonomi 2016," katanya.

Masyarakat, kata dia, bisa memberikan informasi dan jawaban yang sebenar-benarnya kepada petugas sensus yang akan melaksanakan pendataan, mulai dari 1 Mei hingga 31 Mei 2016.

Sosialisasi dan imbauan juga dilaksanakan melalui sosialisasi layar tancap di pasar-pasar malam dan pasar tungging.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016