Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di daerah ini untuk mendukung program swasembada pangan.


Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu Abdul Karim, di Batulicin, Jumat mengatakan bantuan tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu untuk memfasilitasi para petani agar dapat meningkatkan produksi pangan.

"Bantuan yang di salurkan kepada kelompok tani se-Kabupaten Tanah Bumbu berupa empat unit mesin pemanen padi ukuran besar, ukuran sedang 16 unit, ukuran kecil 20 unit, dan mesin perontok jagung 20 unit," katanya.

Ia mengatakan, melalui bantuan alat ini diharapkan ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, baik untuk bidang kesehatan maupun pendidikan.

Selain itu dengan adanya bantuan sarana pendukung pertanian kepada kelompok tani, pemerintah juga mengharapkan agar para petani lebih giat lagi dalam bercocok tanam.

"Alat ini diharapkan dapat meringankan beban para petani yang belum memiliki peralatan yang memadai, sehingga saat mengolah lahan persawahan petani bisa memanfaatkan waktu dan biaya lebih efesien," tuturnya.

Abdul Karim mengemukakan, saat ini alat pertanian yang dimiliki para petani mayoritas mesinnya sudah tua dan rusak sehingga perlu memberikan alat pertanian yang baru.

"Anggota kelompok tani yang menerima bantuan alsintan hendaknya memperhatikan dan melakukan perawatan secara berkala sehingga alat tersebut bisa digunakan pada jangka panjang," pintanya

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016