Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah meminta agar Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kelurahan jeli dalam mengawasi pelanggaran yang terjadi di wilayah setempat.
 
"Panwaslu kelurahan merupakan ujung tombak pengawasan pemilu yang berhadapan langsung dengan panitia maupun petugas di TPS sehingga harus jeli mengawasi," ujarnya di Banjarbaru, Senin.
 
Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD usai mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah Panwaslu kelurahan se-Kota Banjarbaru yang dilantik Ketua Bawaslu Banjarbaru Dahtiar di Banjarbaru.
 
Menurut Fadliansyah, panwaslu kelurahan juga harus bekerja jujur, adil dan profesional tanpa memihak siapa pun sehingga penyelenggaraan pemilu kelurahan berlangsung lancar, aman dan tertib.
 
"Pemilu dilaksanakan serentak mulai dari pemilihan presiden, pemilihan kepala daerah hingga pemilihan legislatif sehingga panwaslu harus bekerja ekstra mengawasi jalannya pemilu tingkat kelurahan," ucapnya.
 
Ketua Bawaslu Banjarbaru Dahtiar mengharapkan, panwaslu kelurahan yang dilantik langsung bekerja dan menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai tahapan pemilu yang berjalan saat ini.
 
"Kami dan juga masyarakat sangat berharap, panwaslu kelurahan dapat bekerja penuh tanggung jawab demi menciptakan pemilu yang jujur dan adil sehingga hasilnya benar-benar sesuai harapan," ujarnya.
 
Dikatakan, tugas dan tanggung jawab setiap anggota panwaslu kelurahan yakni mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu tingkat kelurahan mulai dari pemutakhiran data pemilih.
 
Kemudian, mengawasi penetapan daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap, pengawas kampanye termasuk pengawasan distribusi logistik pemilu.
 
Selanjutnya, mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di setiap TPS, mengawasi pengumuman hasil penghitungan suara di TPS termasuk menempel hasilnya di sekretariat PPS.
 
Panwaslu kelurahan juga bertugas mengawasi pergerakan surat suara, berita acara penghitungan suara, dan sertifikat hasil penghitungan suara dari TPS sampai ke PPK hingga mencegah praktek uang.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023