Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, menggandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI) daerah setempat terkait penanganan kanker secara cepat dan sedini mungkin.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin, mengatakan pihaknya bersama YKI Cabang HSS ke depannya akan berkeliling di 11 kecamatan, untuk pelacakan masyarakat yang mungkin terkena kanker.

"Itu kita laksanakan agar penanganan kanker bisa kita laksanakan sedini mungkin dan lebih cepat, serta biayanya pengobatan juga ditanggung pemerintah, jadi bagi masyarakat tidak perlu malu dan juga takut," kata bupati, saat bersama YKI HSS menjenguk pasien kanker di RSUD Brigjen H Hasan Basry, Kandangan.

Baca juga: HSS peringati hari kanker sedunia, tingkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat

Dijelaskan dia, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung para penderita kanker, serta menjadi pengingat yang kuat bagi masyarakat bahwa setiap orang memiliki peran dalam mengurangi dampak kanker.

Selain itu, juga untuk membangun komunikasi yang baik antara penderita kanker, keluarga dan masyarakat yang mana diharapkan dengan dukungan yang diberikan dapat mencapai hasil pengobatan yang maksimal.

"Alhamdulillah di HSS untuk peralatan dan dokter penanganan kanker sudah tersedia, dengan momentum Hari Kanker Sedunia ini menjadi penyemangat bagi kita, dan seluruh masyarakat agar dapat memeriksakan kesehatan sedari dini," kata bupati.

Baca juga: Pengurus YKI HSS jadi yang pertama dikukuhkan di Kalsel

Kunjungan Bupati HSS bersama YKI Cabang HSS di RSUD Brigjen H. Hasan Basry ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia, yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2023.

Rombongan bupati dalam kegiatan ini menyerahkan bingkisan kepada pasien penderita kanker yang sedang dalam proses penyembuhan dengan menjalani rawat inap dan kemoterapi di RSUD tersebut.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023