Amuntai (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, janji membantu atlet daerah yang berprestasi mengharumkan nama daerah untuk mendapatkan pekerjaan.


Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid di Amuntai, Rabu mengatakan, atlet yang masih mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan, akan dibantu Pemerintah Daerah sebagai upaya mendukung prestasinya.

"Agar atlet bisa terus berlatih dan mengikuti `event` perlombaan, maka pemerintah daerah akan membantu mencarikan pekerjaan," kata Wahid.

Menurut Wahid, para atlet harus dikirim berlatih dan berlomba hingga keluar daerah, bahkan sebagian sudah berlaga di event Internasional, sehingga masalah pekerjaan si atlet harus mendapat perhatian agar tidak mengganggu konsentrasinya.

"Jangan sampai ada atlet berprestasi kesulitan menghidupi diri dan keluarganya, karena belum memiliki gaji tetap, sementara dia harus selalu berlatih," katanya.

Sedangkan untuk atlet pelajar, lanjut dia, mendapat perhatian Pemda dari aspek pendidikan agar tidak ketinggalan mata pelajaran disekolah.

"Jadi meskipun atlet yang berlaga mengikuti event kejuaraan olahraga di luar daerah, kita bantu agar tetap bisa mengikuti pendidikan," terang Wahid.

Wahid mengatakan untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga, Pemda HSU siap mengirim atlet untuk mengikuti pelatihan (training) hingga keluar negeri.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten HSU Barkati berharap, berbagai fasilitas olahraga yang sudah dibangun pemerintah bisa meningkatkan prestasi olahraga.

"Sayang jika fasilitas olahraga yang sudah dibangunkan pemerintah daerah justru tidak mampu meningkatkan prestasi atlet," kata Barkati.

Dia meminta berbagai asosiasi cabang olahraga agar secara maksimal memanfaatkan berbagai fasilitas olahraga, untuk melatih para atlet dan menggelar berbagai event kejuaraan, sehingga mampu melahirkan bibit atlet untuk dikirim berlaga keluar daerah. 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016